Share

Jerapah 3 Meter Rayakan Ulang Tahun Pertama di Ragunan, Dikasih Tumpeng Wortel

Antara, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 406 2352281 jerapah-3-meter-rayakan-ulang-tahun-pertama-di-ragunan-dikasih-tumpeng-wortel-tF9ma60sW9.JPG Si Julang, jerapah setinggi lebih 3 meter rayakan ultah pertama di Taman Margasatwa Ragunan (Foto: TM Ragunan)

PENGELOLA Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan hari ini merayakan ulang tahun pertama Julang, sang jerapah setinggi 3 meter yang disiarkan secara langsung melalui tayangan Instagram TV milik Kebun Binatang Ragunan, Kamis (28/1/2021).

Dalam penayangan ulang tahun Julang yang pertama melalui IG TV Ragunan Zoo pagi tadi mendapat perhatian masyarakat, disaksikan lebih dari 1.000 akun.

Dipandu oleh dua pembawa acara, penonton diajak mengenal lebih dalam tentang Julang sang jerapah yang lahir di Kebun Binatang Ragunan pada tanggal 28 Januari 2020.

Turut hadir merayakan ulang tahun yang pertama Julang, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, M Fajar Sahuri, yang memberikan hadiah ulang tahun berupa tumpeng wortel kepada Julang.

"Tepat tanggal 28 Januari Julang dilahirkan, usianya sudah satu tahun sekarang, semoga panjang umur dan sesuai dengan harapan Pak Gubernur yang menamai Julang, semoga tumbuh tinggi menjulang, jadi kebangaan Ragunan," kata Fajar.

Baca juga: Mau Berwisata di Taman Margasatwa Ragunan, Perhatikan 4 Hal Ini!

Fajar menyebutkan, nama Julang diberikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, dua bulan setelah kelahirannya, tepatnya 12 April 2020. Anies berharap jerapah jantan diberi nama Julang tersebut agar bisa hidup tumbuh tinggi melampaui kedua orangtuanya, atau hidup sehat dan berumur panjang.

Si Julang Rayakan Ultah Pertama

(Foto: Instagram/@ragunanzoo)

Julang lahir dari sepasang jerapah bernama Dirga dan Ayuri70, jerapah hasil pertukaran dari kebun binatang Taronga Zoo Australia.

Nama kedua induk Julang merupakan singkatan dari Dirgahayu RI ke-70. Karena keduanya tiba di Ragunan pada hari kemerdekaan RI ke-70 pada tahun 2015 lalu. Saat ini Dirga dan Ayuri70 berusia lima tahun, memiliki tinggi 5,5 meter.

Dalam acara ulang tahun Julang yang pertama, penonton diajak berkenalan lebih dekat dengan Julang dan kedua orangtuanya, dipandu dengan Trio perawat jerapah, yakni Iwan Kurniawan, Eko, dan Isyam.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan Dibuka, Mohon Maaf Tak Boleh Gelar Tikar

Pembawa acara menyampaikan sejumlah pertanyaan yang dikirimkan oleh masyarakat lewat layar komentar dan dijawab oleh perawat jerapah. Beberapa pertanyaan seperti ukuran tinggi Julang saat ini, makanan kesukaannya, proses kelahirannya, serta kondisi saat ini.

Si Julang Rayakan Ultah Pertama

(Foto: Instagram/@ragunanzoo)

Profil si Julang

Menurut salah satu perawat Jerapah, Julang lahir tanggal 28 Januari 2020 pukul 04.30 WIB secara normal. Ukurannya ketika lahir memiliki tinggi 1,5 meter.

"Sekarang di usia satu tahun, tinggi Julang sudah dua kali lipat, mencapai 3 meteran," kata Isyam.

Menurut Isyam, Julang dikenal sangat aktif (agresif) senang berlari dan berjalan ke sana ke mari. Memiliki makanan kesukaan wortel.

Selama tidak ada pengunjung, Julang menikmati keseharian dengan aktif dan agresif. Berbeda ketika ada pengunjung, lebih pasif karena usia masih anak-anak, ada sifat malu bertemu banyak orang.

"Kalau makanan kesukaannya itu wortel, daun kupu-kupu, daun belimbing dan kacang panjang," kata Isyam.

Koleksi jerapah di TMW Ragunan saat ini ada tiga ekor, yakni Julang dan kedua orang tuanya. Hal menarik, makanan untuk jerapah diletakkan di atas pohon. Sesuai habitatnya, satwa yang berasal dari Afrika ini memakan daun-daunan dari atas pohon langsung.

Di kandang peragaan Jerapah, terdapat meteran berukuran sangat tinggi untuk mengukur tinggi jerapah. "Selain hijau-hijauan, jerapah juga diberi makan pelet khusus ruminansia," kata Isyam.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi TMW Ragunan, Ketut Widarsana mengatakan, perayaan dan penayangan ulang tahun Julang secara virtual sekaligus untuk mengobati kerinduan masyarakat akan Kebun Binatang Ragunan.

Karena sejak 30 Desember 2020, Ragunan ditutup untuk umum seiring kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali oleh pemerintah pusat.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan Hari Ini Buka, Wisatawan Pilih Olahraga Sambil Refreshing

"Ragunan ditutup sejak 30 Desember 2020 sampai dengan waktu yang belum ditentukan," kata Ketut.

Ketut menambahkan, tahun 2021 ini Taman Margasatwa Ragunan kembali merancang wisata virtual melalui penayangan IG TV untuk menghibur masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) merupakan Lembaga Konservasi Alam Ex-situ yang memiliki luas 147 hektare dengan koleksi satwa sebanyak 2.288 ekor dan jumlah pohon kurang lebih 50.000 pohon, serta memiliki posisi yang strategis dan berada di kawasan selatan Kota Jakarta yang sangat diminati oleh masyarakat untuk melakukan kunjungan rekreasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini