Kelebihan Stok Wine, American Airlines Buka Layanan Antar ke Rumah

Salsabila Jihan, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 406 2352857 kelebihan-stok-wine-american-airlines-buka-layanan-antar-ke-rumah-P9lL8nH7Gs.jpg Pesawat American Airlines (Foto: Instagram/@americanair)

BANYAK maskapai penerbangan dunia terpaksa mengurangi perjalanannya imbas pandemi virus corona (Covid-19). Tak hanya itu, Wine juga dilarang di dalam kabin demi mengurangi penularan Covid-19.

Hal itulah yang mendorong maskapai American Airlines membuat inovasi baru untuk tetap bertahan di tengah hantaman pandemi.

Melansir Fox News, American Airlines telah mengumpulkan lebih dari 2.000 botol wine dari merek dagang ternama di seluruh dunia setiap tahunnya untuk disajikan di dalam pesawat dan di ruang tunggu.

Namun, karena adanya larangan menyajikan alkohol dan berkurangnya pelancong, botol-botol tersebut akhirnya menumpuk.

Untuk mengatasi stok berlebih, maskapai asal negeri Paman Sam tersebut meluncurkan layanan pengiriman wine yang biasa mereka sajikan di pesawat ke depan pintu rumah pelanggannya.

Baca juga: Viral Penumpang Wanita Dikeluarkan dari Pesawat Gegara Tolak Pakai Masker

Itu juga yang membuat American Airlines meluncurkan sebuah program baru bernama 'American Airlines Flagship Cellars'. Program itu diharapkan maskapai dapat menjual sebagian winenya kepada para pelanggan tanpa harus menginjakkan kaki di pesawat.

Wine ini termasuk dalam sajian yang mereka tawarkan kepada pelanggan yang memiliki tiket 'flagship' American Airlines, yaitu tempat duduk yang mewah pada penerbangan internasional dan lintas benua mereka.

Layanan American Airlines Flagship Cellars itu nantinya akan memberi kesempatan kepada pelanggan untuk membeli wine per botol yang disimpan dalam kotak kurasi khusus. Pilihan lainnya, yaitu melalui paket langganan bulanan dengan biaya 99 dolar Amerika per bulan atau sekitar Rp1,4 juta.

Jika memilih paket langganan bulanan itu, maskapai akan memberi pelanggan akses ke harga diskon, per bulan akan dikirim tiga botol wine dan pelanggan akan mengumpulkan dua AAdvantage Miles, program frequent flyer untuk setiap pembelian.

Satu botol wine dijual oleh American Airlines dengan kisaran harga sekitar 13 hingga USD40 atau berkisar antara Rp183-565 ribu dan yang paling mahal adalah 300 dolar atau sekitar Rp4,3 juta yang berisi tiga bungkus sampanye.

Dalam laporan pendapatan terbarunya, American Airlines telah mencatat total kerugian bersih yang mereka miliki sebanyak USD3,6 miliar. Penjualan wine ini diperkirakan tidak akan banyak membantu untuk menutupi kerugian maskapai selama pandemi.

Seorang juru bicara American Airlines mengatakan, pihak maskapai berharap program baru itu akan menghasilkan penjualan sekitar USD40-50 ribu atau sekitar Rp565-706 juta sepanjang kuartal pertama.

Baca juga: American Airlines Resmi Keluarkan Paspor Kesehatan untuk Turis Asing

"Meski pendapatan hal yang penting, Flagship Cellars merupakan cara kami untuk berinteraksi dengan pelanggan, bahkan saat mereka tidak bepergian dengan kami," kata juru bicara melalui surat elektronik.

Ia menambahkan, program ini merupakan sebuah gambaran tentang apa yang mereka nikmati di Flagship First atau Flagship Business. American Airlines juga berencana melanjutkan program ini bahkan setelah pelayanan kembali normal seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini