Jarang Orang Tahu, Mandailing Natal Ternyata Punya Ratusan Destinasi Wisata

Antara, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 406 2352955 jarang-orang-tahu-mandailing-natal-ternyata-punya-ratusan-destinasi-wisata-HZAcAApOEl.JPG Panorama alam di Muara Sipongi, Desa Sibinail, Mandailing Natal (Foto: Instagram/@potretku_id25)

WILAYAH Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, sedikitnya memiliki 150 destinasi wisata yang berada hampir di setiap kecamatan di kabupaten yang memiliki sebutan "Bumi Gordang Sambilan" itu.

Kepala Dinas Pariwisata Mandailing Natal, Ahmad Yasir Lubis mengatakan, destinasi yang dimiliki kabupaten itu adalah wisata alam, wisata legenda, budaya dan wisata religi.

Menurutnya, wisata alam yang dimilik Mandailing Natal ini sangat luar biasa bila dibandingkan dengan daerah lain, sebab dari topografi daerahnya tempat wisata yang ada itu memunculkan daya tarik pariwisata yang bervariasi.

Baca juga: Fenomena Alam Tor Siojo Kotanopan Mandailing Natal Memukau Hati

Seperti wisata alam pantai misalnya, Mandailing Natal memiliki garis pantai sepanjang 170 Kilometer, di mana sepanjang pantai itu varian wisata yang ditawarkan beragam mulai dari wisata pantai, wisata Mangrove, wisata pulau kecil, snorkeling, diving dan kuliner khas pantai Barat Mandailing.

Belum lagi wisata alam berupa air terjun, air panas, sungai, danau. Kemudian keanekaragaman hayati pada TNBG, produk unggulan berupa kopi Mandailing dan panorama sawah yang dipadu dengan sungai dan gunung.

Untuk wisata religi, Mandailing Natal banyak didukung oleh peninggalan sejarah Islam seperti kuburan pemuka agama dan pondok-pondok pesantren.

Sedangkan untuk wisata budaya kabupaten itu memilik banyak peninggalan sejarah dari beberapa zaman, seperti candi, masjid tua, pesantren tua, bagas godang di Mandailing Godang, bagas godang Mandailing Julu dan Mandailing pesisir.

Ia menyampaikan, program pemerintah pusat yang memprioritaskan pengembangan destinasi Danau Toba, Kabupaten Mandailing Natal akan merasa diuntungkan karena secara geografisnya berada di selatan wilayah Danau Toba.

"Dengan berkembangnya Danau Toba nanti para turis juga nantinya akan melintasi daerah wilayah Mandailing bila hendak ke Sumatra Barat. Melalui jalur ini nantinya kita akan memanfaatkan momen tersebut sehingga tempat wisata kita juga bisa dikunjungi," harapnya.

Para turis ini lanjut Ahmad, nantinya akan ditawarkan wisata sesuai dengan karakter yang ada di Mandailing Natal.

"Bila Danau Toba menawarkan danaunya, kita akan menawarkan budaya dan karakter yang ada," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini