Sandiaga Uno Kepincut Desa Wisata Ekang Anculai, Tempat Favorit Turis Prancis

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 406 2353056 sandiaga-uno-kepincut-desa-wisata-ekang-anculai-tempat-favorit-turis-prancis-13q9cDZdGL.jpg Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno kepincut dengan pesona Desa Wisata Ekang Anculai di Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Ada banyak hal menarik di sana dan wisatawan patut berkunjung.

Sandi menyempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Wisata Ekang Anculai di Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau sebelum menutup rangkaian kunjungan kerjanya di Batam dan Pulau Bintan, beberapa waktu lalu. Sandu sangat terkesan dengan konsep ekowisata yang ditawarkan Desa Wisata Ekang Anculai.

Baca Juga: Ngantor di Bali, Sandiaga Uno Evaluasi Kunjungan Kerja ke Kepulauan Riau

Dengan konsep wisata tersebut Menparekraf optimis desa wisata yang memanfaatkan lahan seluas 2.000 hektar ini bisa berkembang. Terlebih Desa Wisata Ekang Anculai sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan berupa hotel berbintang yang tarif per malamnya terjangkau.

 

Pengembangan Desa Wisata Ekang Anculai juga dikatakan dapat membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar terutama di masa pandemi COVID-19 ini, dan mengedepankan kearifan lokal.

“Desa Ekang Anculai ini potensinya sangat luar biasa untuk menggerakan ekonomi dan juga membuka lapangan kerja seluas-luasnya, melestarikan alam, dan memberikan pengalaman storynomic,” kata Sandi, beberapa waktu lalu.

Pengelola Desa Wisata Ekang Anculai, Wayan Mestika mengemukakan bahwa proyek Desa Wisata Ekang Anculai berikutnya adalah ekowisata mangrove dan ecolodge yang akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kepulauan Riau.

Baca Juga: Yuk Tengok Kantor Sandiaga Uno di Bali, View Langsung ke GWK

Menurut Wayan, sebelum pandemi Covid-19, sebagian besar pengunjung yang datang adalah wisatawan mancanegara seperti turis-turis asal Prancis yang masuk melalui Singapura. Mereka biasanya singgah dengan durasi cukup panjang, yakni dua hingga 28 hari. Hal ini membuktikan bahwa Desa Wisata Ekang Anculai memiliki potensi besar untuk menjadi tempat wisata di Indonesia.

Desa Wisata Ekang Anculai sendiri tepatnya berlokasi tidak jauh dari Lagoi. Sekitar 15 menit perjalanan melalui Jalan Lintas Barat. Pengembangan wisata ini telah berlangsung sejak 2018. Dengan konsep yang ditawarkan, sangat cocok rasanya berkunjung ke Desa Wisata Ekang Anculai bersama keluarga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini