Menikmati Liburan Sehat di Borobudur, Ini Sederet Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 408 2353164 menikmati-liburan-sehat-di-borobudur-ini-sederet-aktivitas-yang-bisa-dilakukan-XlfGuA5384.jpg Bersepeda di sekitar Borobudur dalam Tour de Borobudur 2020 (MNC Portal/Ahmad Antoni)

TREN liburan sehat atau fit-cation sedang digemari oleh masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Liburan dengan konsep ini memberi pengalaman baru, menjaga kesehatan tubuh melalui olahraga ringan sembari berpetualangan di tempat wisata.

Candi Borobudur salah satu destinasi wisata terkenal di Magelang, Jawa Tengah. Kawasan Borobudur selain menawan dengan momen sunrisenya, juga menjadi salah satu destinasi olahraga favorit para pecinta lari.

Baca juga: 2020 Tahun Terburuk dalam Sejarah Pariwisata

Anda perlu mencoba fit-cation di Borobudur. Berikut spot dan cara terbaik untuk menikmati fit-cation di Borobudur seperti dilansir dari Indonesia Travel :

1. Bersepeda melintasi Borobudur ke Kaliurang

Borobudur mungkin terdengar seperti tempat yang hanya menarik bagi mereka yang mencari wisata budaya, namun destinasi ini cocok juga bagi orang yang ingin fit-cation. Salah satunya adalah dengan bersepeda dan menjelajahi dua destinasi sekaligus.

ilustrasi

Candi Borobudur (Shutterstock)

Anda juga dapat dapat mengikuti wisata petualangan dari Kaliurang (Yogyakarta) ke Borobudur (Magelang) melalui Jalan Joyodiningrat-Salam Babadan dengan jarak kurang lebih 43,6 kilometer.

2. Jogging melihat sunset atau sunrise

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan jika Anda mencari pengalaman fit-cation, tetapi rekomendasi terbaik kami adalah naik sepeda atau lari dari Borobudur saat matahari terbit dan lari ke Candi Prambanan saat matahari terbenam.

Bangun lebih awal dari hotel Anda dan nikmati matahari terbit yang menakjubkan di Borobudur, lalu lanjutkan dengan mengambil rute yang Anda rencanakan dan pastikan untuk sampai ke Candi Prambanan tepat saat matahari terbenam untuk menikmati pemandangannya yang benar-benar menakjubkan.

Baca juga: Indonesia-Rusia Kerja Sama Pariwisata, Sandiaga Uno: Wisata Sejarah Dikedepankan

Selain pesona candi, lingkungan sekitarnya juga menawarkan lingkungan hijau dan asri yang sangat indah. Desa wisata seperti Desa Wanurejo dan Desa Majaksingi juga tersedia jika Anda ingin mengenal lebih dekat dengan cara hidup masyarakat setempat dan mempelajari budaya mereka.

Anda juga bisa jogging sejauh 5,2 kilometer barat laut dari Candi Borobudur dan mengambil beberapa foto keren di sana. Itu akan sangat berharga.

3. Mengunjungi desa wisata

Hal lain yang bisa Anda lakukan, jika Anda ingin fit-cation yang lebih ringan adalah berkeliling di sekitar kawasan Borobudur dengan berlari atau bersepeda sambil mengunjungi desa wisata untuk mempelajari kearifan lokal mereka, seperti membuat batik sendiri, memasak beberapa "tempe mendoan" (tempe goreng tepung), memainkan musik Gamelan, dan banyak lagi.

Pastikan untuk selalu mematuhi protokol Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) demi melindungi diri Anda dari risiko yang tidak diinginkan. Dan pastikan untuk sering mencuci tangan, melakukan social distancing, dan memakai masker di tempat umum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini