Kapten Vincent Raditya Percaya Bumi Itu Bulat, Apa Alasannya?

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 30 Januari 2021 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 406 2353469 kapten-vincent-raditya-percaya-bumi-itu-bulat-apa-alasannya-ld1sBuFXYF.jpg Kapten Vincent Raditya (Youtube)

BEBERAPA waktu lalu sempat ada video viral yang diunggah di platform video pendek TikTok terkait sebuah penerbangan. Dalam video tersebut terlihat rute penerbangan dari Dubai ke Los Angeles di mana perjalanannya menurut sang pembuat video pendek terasa aneh. Bahkan ia sempat menyebutkan keraguan jadi sebenarnya bumi itu bulat atau datar.

Nah melihat video tersebut, ternyata pilot sekaligus vlogger Indonesia, Kapten Vincent Raditya cukup tergelitik. Melalui video terbarunya, ia mengatakan bahwa ia percaya bumi itu bulat. Kira-kira apa sih yang membuat Kapten Vincent Raditya mantap mempercayai hal ini?

Baca juga:  Kisah Menegangkan Kapten Vincent Raditya 4 Jam Terbangkan Pesawat dengan Autopilot Mati

Ada 8 alasan yang diungkapkan Kapten Vincent Raditya mengapa ia mempercayai bahwa bumi itu bulat. Salah satunya adalah ia percaya hal tersebut karena adanya zona waktu. Ia menuturkan kalau bumi itu datar, tentu semua waktu akan tetap dianggap sama.

“Adanya time zone membuat saya percaya bumi itu bulat. Kalau bumi itu datar berarti semua akan terjadi satu waktu aja. Jadi nggak ada lagi kaya kalau di Jakarta GMT+7 kalau di Amerika GMT-7. Selain itu bisa liat kalau video call kita siang teman kita malam. Itu salah satu indikasi bumi itu bulat.” ungkap Kapten Vincent Raditya.

ilustrasi

Ilustrasi bola bumi (Piro4D/Pixabay.com)

Sebagai salah satu content creator yang berprofesi sebagai pilot juga, Kapten Vincent Raditya sangat percaya bumi itu bulat. Selain masalah zona waktu, ia juga mengatakan indikasi dari bumi itu bulat berdasarkan dari arah matahari yang bisa berubah-ubah.

Cara membuktikannya pun ia melontarkan dapat menggunakan percobaan dimana ada satu tiang bayangannya berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Baca juga: Jenazah Pilot Sriwijaya Air SJ 182 Kapten Afwan Akhirnya Teridentifikasi

“Kita taro tiang deh, shadownya pasti berubah-ubah ini indikasi matahari arahnya pun berubah.” ungkap Kapten Vincent Raditya.

Mau tau apa lagi alasan Kapten Vincent Raditya percaya bumi itu bulat? Simak penjelasan sang pilot di YouTube channel Vincent Raditya!

https://www.youtube.com/watch?v=QZTgwSWCVBY

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini