Serunya Liburan di Kepulauan Derawan, Berenang Bareng Hiu hingga Menikmati Labuan Cermin

Fatha Annisa, Jurnalis · Sabtu 30 Januari 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 408 2353493 serunya-liburan-di-kepulauan-derawan-berenang-bareng-hiu-hingga-menikmati-labuan-cermin-rTswLvpQGu.jpg Berenang bareng hiu di Talisayan, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur Instagram @josiahwg)

KEPULAUAN Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keindahannya tak kalah dengan Bali atau Lombok. Derawan punya pantai cantiknya, spot menikmati sunset, hingga alam bawah laut yang elok. Destinasi sempurna untuk liburan.

Sedikitnya terdapat 4 pulau utama yang terkenal di Kepulauan Derawan, yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban. Semua pulau tersebut dapat dikunjungi dengan menyewa speedboat dari Pulau Derawan dan di setiap pulau, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda.

Baca juga: 5 Fakta Unik Maldives, Negara Tujuan Wisata yang 100% Penduduknya Muslim

Selain menjadi saksi kekayaan biota laut Indonesia serta cantiknya panorama sunset, banyak hal menarik lain yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Kepulauan Derawan. Apa saja?

Berikut ulasannya :

1. Berenang dengan Hiu Paus Talisayan

Hiu paus dinyatakan sebagai ikan terbesar di dunia dengan panjang tubuh mencapai 18 meter dan bobot 20 ton. Jenis hiu yang hanya ada sekitar 63 ekor di Talisayan ini dapat Anda lihat dari jarak dekat. Bahkan, pengunjung wilayah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kepulauan Derawan ini dapat berenang bersama ikan bermotif totol-totol itu.

ilustrasi

(Foto Instagram @cobiandewey)

Namun Anda harus memperhatikan waktu kunjungan, ya! Hiu paus hanya akan muncul di permukaan pada pukul 05.00 hingga 08.00 di bulan-bulan Desember hingga April. Dengan mengikuti aturan yang ada, wisatawan dapat berenang bersama hiu paus tanpa perlu merasa takut, karena hiu ini jinak.

2. Berenang dengan ubur-ubur

Terdapat danau berair payau di tengah pulau Kakaban yang menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Daya tarik utama dari danau tersebut adalah ubur-ubur yang hidup di dalamnya.

Ubur-ubur tersebut berjenis Cassiopeia. Tak hanya bisa melihat dari permukaan danau, wisatawan diperbolehkan berenang bersama ubur-ubur di danau itu karena ubur-ubur berjenis Cassiopeia tidak akan menyengat Anda.

3. Berenang dengan Pari Manta

Berkunjung ke Kepulauan Derawan belum sah jika tidak singgah di Pulau Sangalaki. Ada beragam hal yang bisa Anda lakukan di pulau ini, salah satunya adalah menyelam bersama Pari Manta.

Baca juga: Bertamasya ke Pulau Kucing, Ini Sederet Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Banyaknya plankton, yang merupakan makanan utama ikan pari, di terumbu karang di dasar laut Pulau Sangalaki membuat Pari Manta betah berada di sekitar laut tersebut. Wisatawan bisa berenang bersama ikan pari raksasa ini di Manta Point.

4. Mengunjungi Labuan Cermin

Satu lagi perairan jernih yang memukau di Kepulauan Derawan, yaitu Labuan Cermin. Kejernihan air yang luar biasa di tempat wisata di Kecamatan Biduk Biduk ini bisa membuat Anda menyaksikan apa yang ada di dasar danau dengan mata telanjang seperti tanah, batu-batu maupun ranting-ranting yang menghiasi dasar Labuan Cermin. Anda juga bisa melihat bayangan kapal di air, seakan-akan tengah berhadapan dengan cermin.

ilustrasi

Labuan Cermin di Kepulauan Derawan (Instagram @aridianwulandr)

Keunikan lain dari danau Labuan Cermin adalah airnya memiliki dua rasa, yakni asin dan tawar. Labuan Cermin memang merupakan lokasi bertemunya air asin dan tawar. Bagi wisatawan yang ingin mencicipi langsung keunikan ini, Anda bisa berenang di Labuan Cermin.

5. Mengunjungi Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku adalah sebuah gua di tebing pantai terpencil yang airnya sangat jernih dan tenang. Gua Haji MAngku tepatnya berlokasi di Pulau Maratua.

Di sana pengunjung juga dapat melihat pemandangan stalaktit yang mempesona. Daya tarik utama gua ini adalah kebiruan airnya yang sungguh elok. Meskipun tersembunyi dan cukup sempit, Gua Haji Mangku wajib dikunjungi jika Anda menyambangi Kepulauan Derawan.

ilustrasi

6. Mengunjungi penangkaran penyu

Selain berenang bersama ikan pari raksasa, di Pulau Sangalaki juga terdapat penangkaran penyu yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Pulau Sangalaki memang merupakan salah satu lokasi para penyu bertelur.

Di penangkaran ini, pengunjung dapat menyaksikan kegiatan pelepasan penyu kecil atau tukik ke laut lepas. Jika ingin, Anda juga bisa ikut serta melepaskannya bersama warga lokal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini