Pesona Mistis Gua Setan di Kei, Keindahan Berbalut Misteri

Fatha Annisa, Jurnalis · Sabtu 30 Januari 2021 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 408 2353550 pesona-mistis-gua-setan-di-kei-keindahan-berbalut-misteri-IztbbCT9a5.jpg Gua Hawang di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara (Instagram @hardyzk)

GUA Hawang salah satu objek wisata populer di Desa Letvuan, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Tapi, di balik keindahannya yang menakjubkan, tersimpan mitos serta cerita mistis. Meski angker, gua eksotis ini aman buat wisata.

Dalam bahasa lokal Kei, hawang artinya setan. Jadi gua ini dikenal juga dengan gua setan.

Baca juga:  Bukan Hanya Penjara, Ini 5 Destinasi Wisata Keren di Pulau Nusakambangan

Gua Hawang digenangi air sangat jernih dan biru bak kaca yang berasal dari Evu, mata air terbesar di Kepulauan Kei. Siapapun bisa tergoda untuk berenang bila melihatnya.

Mengutip MyTrip, kedalaman air di Gua Hawang sekitar 1 sampai 3 meter tergantung kondisi pasang surut. Orang yang mengunjungi gua ini diperbolehkan untuk berenang, menyelam dan masuk ke dalam lubang-lubang yang tembus satu sama lain.

Sembari menikmati airnya yang jernih, pengunjung akan dibuat terpukau akan keindahan gua dengan stalaktit dan stalagmit yang menempel di langit maupun dindingnya.

Akses dari area parkir untuk masuk ke dalam gua sudah cukup rapi, sehingga pengunjung dapat berjalan dengan nyaman. Kamar bilas dan toilet pun telah tersedia di dekat lokasi parkir.

Baca juga:  Indah bak Surga, Ini Deretan Objek Wisata Eksotis di Kepulauan Kei

Gua Hawang dipercaya oleh warga sekitar dihuni oleh makhluk halus, sehingga pengunjung diminta tetap menghormati dan tidak berbuat keji maupun kerusakan di dalamnya.

Ada legenda yang mengatakan bahwa stalagmit yang menonjol di tengah kolam dalam gua dulunya adalah seorang pemburu. Sementara dua batu yang lebih rendah dan kecil di sebelahnya adalah dua ekor anjing si pemburu.

Konon katanya, babi hutan yang tengah diburu oleh si pemburu dan dua anjingnya mendadak hilang saat masuk ke area gua. Karena kelelahan, mereka pun minum air dalam Gua Hawang. Rasa pahit air tersebut membuat si pemburu terkejut hingga ia marah sambil bersumpah serapah.

Kata-kata kotor yang keluar dari mulut si pemburu membuat roh penunggu gua marah, kemudian mengutuknya menjadi batu.

Gua Hawang kadang juga dipakai sebagai tempat bertapa atau bersemedi oleh sebagian kalangan. Bahkan ada sebagian orang meyakini, jika perempuan ingin punya bisa masuk ke gua ini agar hajatnya terkabul. Air jernih di gua juga dipercaya bisa bikin awet muda dan enteng jodoh.

Terlepas dari mitos-mitos tersebut, Gua Hawang sangat layak dikunjungi dan menawarkan pengalaman berbeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini