Doyan Rendang? Kamu Harus Tahu Fakta Ini

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 301 2354068 doyan-rendang-kamu-harus-tahu-fakta-ini-1gYvurkcbR.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RENDANG sebenarnya bukan nama untuk sebuah masakan. Pada dasarnya rendang adalah istilah filosofis yang mengacu pada proses khusus, yang membuat daging sapi empuk, kering, dan beraroma.

Proses memasak yang rumit memberikan rasa yang sangat unik dan lezat pada rendang.

Itulah mengapa, pada 12 Juli 2017, di situs berita asing, pembaca memilih rendang sebagai nomor 1 dalam daftar 50 makanan terbaik dunia.

Sementara itu, pada 9 April 2018, Kementerian Pariwisata Indonesia memilih rendang sebagai hidangan nasional. Bersama dengan soto, nasi goreng, sate, dan gado-gado.

Lebih lanjut, berikut adalah fakta menarik rendang yang Okezone lansir dari laman Indonesia Travel. Penasaran kan?

Awalnya terbuat dari daging kerbau

 Rendang

Awalnya, rendang terbuat dari daging kerbau dan hanya disajikan pada acara-acara khusus atau upacara adat. Dulu, rendang dianggap sebagai hidangan sakral. Dalam Pengembara Rendang: Minyangkap Bertuahnya Rendang Minang (2012) karangan Reno Adam Suri, rendang disebut sebagai "Kepalo Samba" atau kepala hidangan di acara adat Minangkabau.

Tradisi mengawetkan daging sudah dianut masyarakat Minangkabau sejak lama. Mereka biasa mengawetkan daging dengan cara konvensional, tanpa menggunakan bahan kimia. Orang Minang biasanya membawa rendang sebagai makanan kemasan karena daya tahannya. Hal Ini dikarenakan Rendang memiliki umur simpan satu bulan. Saat ini, rendang tidak hanya disajikan di acara-acara adat tetapi sudah menjadi makanan sehari-hari.

“Masyarakat Minangkabau percaya bahwa memasak rendang mengajarkan tiga nilai penting: kesabaran, kebijaksanaan, dan ketekunan." tulis laman Indonesia Travel

Ada banyak jenisnya

Jenis rendang sangat banyak. Rendang daging sapi merupakan jenis rendang yang paling terkenal dan bisa ditemukan dengan mudah. Jenis rendang lainnya terbuat dari ayam, ikan, telur, cumi-cumi, dan udang. Rendang daging sapi memiliki ragamnya tersendiri seperti rendang paru, rendang limpa, dan rendang babat.

Berdasarkan jenis acaranya, rendang diklasifikasikan menjadi dua kategori; Rendang yang disiapkan untuk acara khusus membutuhkan satu kilogram daging sapi utuh dan rendang yang disiapkan untuk santapan sehari-hari terbuat dari daging sapi yang dibagi menjadi 20 bagian.

Butuh 7-8 jam untuk memasak rendang

Butuh waktu 7-8 jam dan tiga tahapan penting untuk memasak rendang. Tahap pertama adalah gulai dimana santan masih berbentuk cair. Tahap kedua adalah kalio di mana santan mengental dan menjadi berminyak. Ini biasanya membutuhkan waktu 4 jam untuk memasak. Tahap ketiga, kalio dimasak dengan api kecil hingga mengering dan menjadi rendang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini