Objek Wisata Candi Arjuna Dieng Tutup Selama PPKM

Antara, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 406 2354182 objek-wisata-candi-arjuna-dieng-tutup-selama-ppkm-RUSnL9oPac.JPG Candi Arjuna di Dieng, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@ayudian05)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa objek wisata Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng terpaksa ditutup untuk wisatawan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Objek Candi Arjuna di Dieng ditutup selama PPKM," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara, Agung Yusianto, Minggu, 31 Januari 2021.

Ia menambahkan, selain Candi Arjuna, objek wisata air dan tempat hiburan seperti tempat karaoke juga tidak diperkenankan buka selama PPKM.

Baca juga: Pengen Liburan ke Candi Arjuna? Ikuti Sederet Protokol Kesehatan Ini Yuk

"Namun demikian objek wisata alam tetap dibuka dengan pemberlakuan pembatasan jam kunjungan yakni pukul 07.00-16.00 WIB," katanya.

Selain itu, kata dia, juga ditetapkan pembatasan pengunjung sebesar 30 persen dari kapasitas normal.

Candi Arjuna di Dieng

(Foto: Instagram/@_puspitaasarii)

Selama pemberlakuan PPKM, pihaknya terus berupaya untuk mematuhi kebijakan, termasuk di sektor pariwisata. Hal itu sebagai bentuk komitmen mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Cek Kesiapan Homestay, Ganjar Tak Mau Buru-Buru Buka Pariwisata Dieng

"Penerapan protokol kesehatan menjadi perhatian yang utama," katanya.

Sementara itu, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono juga meminta masyarakat untuk mematuhi aturan yang tertuang dalam PPKM tahap II yang berlangsung mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Banjarnegara Nomor 443-121-Setda-2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Banjarnegara.

Perpanjangan PPKM ini berpedoman pada terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM untuk Pengendalian Covid-19 tertanggal 22 Januari 2021.

Baca juga: Viral Pulau Lantigiang Dijual Rp900 Juta, Yuk Intip Keindahannya

Infografis Destinasi Wisata

(Foto: Okezone/Sopan A. Inggara)

"PPKM kedua ini berpedoman pada instruksi Mendagri. Kami menilai aturan dalam PPKM tahap kedua ini sangat leluasa, mudah-mudahan untuk kelanjutannya akan makin leluasa lagi," kata Budhi.

Ia mengimbau masyarakat agar menaati instruksi Mendagri tentang perpanjangan PPKM. "Karena jika nanti berjalan bagus seperti PPKM sebelumnya, niscaya ada kebijakan yang makin baik lagi untuk masyarakat," tegasnya seraya berharap pandemi Covid-19 segera berakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini