Angela Tanoesoedibjo Bicara Tren Sociopreneurship di Kalangan Milenial, Apa Itu?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 406 2354503 angela-tanoesoedibjo-bicara-tren-sociopreneurship-di-kalangan-milenial-apa-itu-TTKMjgJhbs.jpg Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (Okezone.com/Arif)

WAKIL Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan, ada perubahan passion yang dialami generasi muda atau milenial, terkhusus bagi mereka yang berkecimpung di dunia usaha atau menjadi entrepreneur. Dampaknya sangat bermanfaat bagi keberlangsungan industri pariwisata Tanah Air.

Menurutnya, saat ini banyak anak muda atau milenial yang berkerja bukan sekadar untuk mencari pendapatan, tetapi juga memberikan manfaat dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan.

Baca juga:  Sandiaga Uno: Poltekpar Harus Berani Berinovasi

"Perubahan passion itu yang dikenal dengan istilah Sociopreneurship. Anak-anak muda sekarang mulai bertanya-tanya the meaning kenapa mereka harus bekerja. Dan akhir-akhir ini mereka lebih mementingkan manfaat dan kontribusi bagi lingkungan sekitar dari apa yang mereka dapatkan," kata Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dalam acara peluncuran SBMPTNP 2021, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (1/2/2021).

Kehadiran sociopreneur, lanjut Angela Tanoesoedibjo bermanfaat bagi pengembangan suatu destinasi wisata mengingat model bisnisnya tidak harus menunggu dana CSR (Corporate Social Responsibility) seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan pada umumnya.

 

Karenanya, Angela mengatakan bahwa Kemenparekraf sangat mendukung anak-anak muda yang memang tertarik untuk menjadi sociopreneur. Meski tantangan yang harus mereka hadapi ke depannya tidaklah mudah.

Baca juga:  Menparekraf Gandeng Kadin Kembangkan 5 Destinasi Super Prioritas

"Ini satu hal yang bisa kita kembangkan ke depannya. Akan tetapi harus dibikin bisnis model baru di mana profitnya bisa kita kembangkan lagi dan akhirnya menjadi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan," terang Angela.

"Namun di saat yang sama, bisnis model mereka juga harus kita jamin financialnya agar sustainable. Memang bukan hal yang mudah. Tapi bisa kita kembangkan bersama," imbuhnya.

Angela Tanoesoedibjo juga mengingatkan bahwa Indonesia terkhusus sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sangat beruntung sekali memiliki potensi alam dan budaya yang luar biasa.

(sal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini