Liburan ke Kepri, Jangan Lupa Cicipi 7 Kuliner Khas Ini

Fatha Annisa, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 301 2354877 liburan-ke-kepri-jangan-lupa-cicipi-7-kuliner-khas-ini-9EYp99Q4GC.jpg Mie tarempa (Instagram @bakmiclubid)

KEPULAUAN Riau terkenal dengan objek wisata bahari karena punya banyak pantai eksotis dan pulau-pulau cantik. Tapi, provinsi yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia ini juga memiliki beragam kuliner khas.

Jadi, jika berkunjung ke Kepri tentu saja tidak lengkap bila belum mencicipi makanan khas kepulauan tersebut. Apa saja kulinernya?

Baca juga: 5 Kuliner Tradisional Ini Siap Goyang Lidahmu saat Liburan di Kudus, Apa Saja?

Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari beberapa sumber :

1. Gong Gong

Kuliner khas Indonesia terkadang memang memiliki bahan dasar yang unik. Jika Papua mengandalkan ulat sagu dan cacing laut untuk diolah menjadi makanan, penduduk Kepulauan Riau punya makanan khas berbahan dasar Gong Gong atau siput.

Makanan ini dapat ditemukan di warung-warung di tepi pantai Kepulauan Riau. Jadi siapapun yang ingin menikmati Gong Gong bisa sekaligus memanjakan mata dengan panorama pantai sekitar.

ilustrasi

Gong gong (Instagram @makoeats)

Penyajian Gong Gong biasanya sederhana saja, hanya diolah dengan cara direbus lalu dinikmati bersama sambal khusus. Gong Gong berkandungan gizi yang sangat tinggi. Banyak penduduk Kepulauan Riau juga meyakini Gong Gong mampu meningkatkan pertumbuhan hormon dan vitalitas tubuh.

Kelezatan rasa dan aroma khasnya sudah sampai ke negara-negara lain seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Korea, bahkan India, loh.

2. Mie Lendir

Panganan khas Kepulauan Riau selanjutnya adalah Mie Lendir. Mendengar namanya tak jarang membuat orang bergidik jijik. Namun jika sudah lihat tampilan dan mencicipi rasanya, dijamin rasa jijik itu terlupakan seketika.

Baca juga: 5 Wisata Kuliner Fenomenal di Solo yang Bikin Rela Antre

Nama Mie Lendir diberikan sesuai kuahnya yang kental, yang orang setempat sebut ‘lendir’. Kuah tersebut terbuat dari kacang tanah dan ubi berwarna kecoklatan. Mie Lendir disajikan bersama irisan cabe rawit untuk menambah rasa pedas sesuai selera penikmatnya.

ilustrasi

Mie lendir (Instagram @batamliciouz)

Di Kepulauan Riau, menemukan tempat makan yang menjajakan Mie Lendir tidak sulit. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, yakni kisaran Rp8.000 hingga Rp10.000

3. Mie Tarempa

Sesuai dengan namanya, Mie Tarempa merupakan makanan khas Kepulauan Riau atau Kepri yang tepatnya berasal dari daerah Tarempa, Anambas. Namun wisatawan tidak hanya bisa menemukan Mie Tarempa di Anambas saja karena sudah banyak kedai yang menjual makanan tersebut, khususnya Tanjungpinang dan Batam.

Mie Tarempa juga dikenal dengan nama Mie Siantan. Tekstur mienya serupa dengan mie telur, berwarna kuning dan berbentuk pipih. Potongan ikan laut yang digoreng lalu dipotong kecil-kecil sebagai topping memberikan rasa gurih pada mie ini. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tongkol. Tambahan lain yang membuat Mie Tarempa enak yaitu kecambah atau tauge dan telur.

4. Luti Gendang

Luti Gendang merupakan kudapan ringan yang sering dinikmati penduduk Kepri dengan segelas kopi panas. Keberadaannya dapat ditemukan di kedai-kedai kopi di seluruh kawasan Kepulauan Riau, khususnya Tanjungpinang dan Batam.

Jika ingin membawa Luti Gendang kembali ke kota asal sebagai oleh-oleh, kini banyak toko oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang menjual Luti Gendang.

Luti Gendang adalah roti berisi abon ikan. “Luti” merupakan cara orang Tionghoa menyebut “Roti”, sedangkan “Gendang” merupakan sebutan orang Tarempa yang berarti digoreng. Tekstur luar roti ini renyah, namun dalamnya lembut. Isian dari Luti Gendang biasanya adalah ikan tongkol.

5. Lakse

Berbeda dengan Mie Tarempa, Lakse merupakan masakan sejenis mie dengan bentuk mie bulat berwarna putih dan sedikit tebal, serta kuah yang berlemak juga pedas. Nama Lakse diambil dari Bahasa sansekerta yang berarti banyak. Hal ini menunjukan bahwa Lakse dibuat dari berbagai bumbu, mengingat makanan ini merupakan perpaduan antara cita rasa Melayu dan Tionghoa.

6. Sup Ikan Batam

Penggemar makanan laut memang tidak akan kecewa jika berkunjung ke Kepulauan Riau. Banyak sekali makanan yang memanfaatkan ikan sebagai bahan dasarnya, seperti Sup Ikan Batam.

ilustrasi

Panganan berkuah cenderung jernih ini berbahan dasar Ikan Tenggiri. Sebelum menyantapnya, jangan lupa berikan sedikit perasaan air jeruk nipis dan beberapa tetes kecap asin agar rasanya semakin lezat.

7. Otak-Otak

Nama kuliner satu ini pasti sudah tidak asing di telinga lagi. Bahkan di Jakarta pun otak-otak dapat ditemukan di tempat makan hingga jajanan pinggir jalan. Tetapi ada yang berbeda dengan otak-otak khas Kepulauan Riau. Tidak hanya ikan, otak-otak khas Kepri juga ada yang berbahan dasar sotong atau cumi-cumi.

Dalam pembuatan adonannya, ikan atau cumi-cumi digiling hingga halus dan dicampur dengan berbagai rempah serta bumbu. Kemudian dicampur dengan santan kental dan telur, sebelum diaduk hingga merata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini