Jalan-Jalan ke Bandung, 4 Kuliner Pinggir Jalan Ini Wajib Dicoba

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 301 2355251 jalan-jalan-ke-bandung-4-kuliner-pinggir-jalan-ini-wajib-dicoba-vBzDvwwhwr.JPG Bubur Ayam Gibbas, Bandung, Jawa Barat (Foto: Instagram/@koh_aming)

KULINER Bandung sudah masyhur oleh kelezatannya. Banyak makanan enak di sana, sebut saja batagor, siomay, seblak hingga camilan kreatif lainnya yang memanjakan lidah.

Namun siapa sangka jika kuliner Bandung tak melulu hanya itu, masih banyak jajanan street food Kota Kembang yang khas dan unik. Sayang banget jika dilewatkan begitu saja.

Berikut 4 jenis street food unik dan wajib dicoba saat Anda berada di Bandung sebagaimana dilansir Okezone dari laman Indonesia Travel.

1. Ceu Mar

Saat malam tiba dan Anda terasa lapar, maka Anda bisa mencari makan malam bergaya jalanan. Ceu Mar adalah tempat yang tepat. Ceu Mar menyajikan hidangan khas Sunda dengan konsep prasmanan besar di mana Anda dapat makan di area terbuka.

Hidangan seperti tempe goreng dan tahu, telur orak-arik pedas, teri asin, ayam panggang, gulai daging favorit semua orang serta masih banyak lagi makanan lainnya.

Baca juga: Tempat Kuliner Legendaris Bandung yang Masih Eksis hingga Kini

Ceu Mar

Semuanya dimasak dengan sempurna dan halal. Rumah makan ini tidak memiliki menu atau harga, tetapi sepiring berbagai hidangan harganya kurang dari Rp50.000.

Tempat ini telah berdiri sejak 1974, Ceu Mar merupakan salah satu jajanan kaki lima yang melegenda di Bandung dan menjadi favorit penduduk setempat, dan kebanyakan anak muda di kota Bandung. Lokasinya ada di Jalan Banceuy, dekat Braga sedangkan jam operasionalnya mulai pukul 18.00 hingga 04.00 WIB.

2. Bubur Ayam Gibbas

Gurih, melimpah, dan murah, ialah deskripsi sempurna dari bubur ayam gibbas ini. Bubur ayam panas yang mengepul itu disajikan dengan porsi abon ayam yang banyak. Topping yang disajikan sangat banyak, dan hampir tumpah dari mangkuk.

Baca juga: Inovasi Kuliner Bandung Bisa Ditiru Daerah Lain untuk Genjot Pariwisata

Bubur Ayam Gibbas

(Foto: Instagram/@dad_dish)

Anda mungkin membutuhkan mangkuk ekstra untuk menampung topping ekstra seperti kerupuk, telur, hati ayam yang ditusuk, dan ampela. Terletak di Jalan Kebon Jati 187, Bandung.

Anda dapat mendapatkan bubur ini dengan harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp25.000. Bubur ayam ini buka mulai dari pukul 05.30 hingga 11.00 WIB dan shift kedua mulai pukul 16.00 sampai tengah malam.

3. AA Bistik Astana Anyar

Kata 'bistik' berasal dari beef steak, tapi jangan salah karena Aa Bistik Astana Anyar sama sekali tidak menggunakan daging sapi.

Perpaduan kuliner east-meet-west ini menggunakan irisan steak ayam goreng sebagai bahan utamanya. Ya, steak ayam goreng, disajikan dengan sayuran kukus dan irisan kentang goreng.

AA Bistik Astana Anyar

(Foto: Instagram/@boydoangdeh)

Hidangan andalannya adalah Nasi Goreng Bistik namun jika ingin menghindari kolesterol Anda juga bisa mencoba menu lain seperti Mushroom Rice dan Capcay (sayur tumis dengan irisan ayam).

Harganya sekitar Rp20.000 per porsinya. Tempat ini berlokasi di Jalan Astana Anyar 264, Bandung, dan buka mulai pukul 18.00 hingga tengah malam.

4. Cireng Cipaganti

Jika Anda merasa enggan makan yang berat-berat, Anda bisa mencoba Cireng Cipaganti. Camilan seukuran gigitan ini terbuat dari tapioka goreng yang dicampur dengan tepung kanji dan dibumbui dengan bumbu kacang. Rasanya gurih, bertekstur kenyal dan paling enak disajikan saat masih panas.

Cireng Cipaganti

(Foto: Instagram/@cirengcipaganti)

Untuk memperkaya cita rasa, Cireng Cipaganti hadir dengan daging cincang, sosis, beef floss (abon), atau isian keju. Cireng mentah juga bisa Anda beli untuk dimasak nanti di rumah.

Sepotong cireng harganya sekitar Rp6.000. Untuk mendapatkan cireng ini Anda bisa sambangi Jalan Cipaganti 305 (dekat kantor pos). Waktu operasionalnya setiap hari mulai pukul 13.00-20.30 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini