Lukisan Impresionisme Karya Claude Monet Akan Dipamerkan di Sydney

Fatha Annisa, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 406 2355068 lukisan-impresionisme-karya-claude-monet-akan-dipamerkan-di-sydney-7huOzYrWWw.JPG Lukisan impresionisme karya seniman Claude Monet akan dipamerkan pada Maret 2021 di Sydney, Australia (Lonely Planet)

PANDEMI Covid-19 tak menghalangi Australia untuk membuka sebuah pameran seni baru. Berlokasi di Royal Hall of Industries, Kota Sydney, pameran bernama Monet and Friends ini akan digelar perdana pada Maret 2021.

Monet and Friends dihadirkan sebagai bentuk penghormatan terhadap karya seni milik impresionis ternama Claude Monet.

Baca juga: Segera Selamatkan Hiu dan Ikan Pari, Waktunya Hampir Habis!

Tidak seperti pameran biasa yang hanya dapat dinikmati dengan indera penglihatan, berbagai lukisan di pameran Monet and Friends dipamerkan melalui aspek cahaya, warna, dan suara.

Teknologi imersif pun digunakan untuk melacak sejarah gerakan impresionis dari pertengahan abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

Di sini pengunjung akan diajak kembali ke masa ketika wajah seni Eropa berubah untuk selamanya dan menjelajah dunia impresionisme dari tiga gerakan utama, yakni Metropolitan, A Day in the Life, dan En Plein Air.

Baca juga: Pasca-Kudeta Militer, Myanmar Tutup Penerbangan dan Perbatasan Darat

Pembuatan Monet and Friends sendiri berlangsung selama dua tahun. Pameran ini melibatkan banyak proyektor, ruang 360 derajat, aroma, dan sensibilitas.

Oleh karenanya, tak aneh jika ketika pengunjung mengelilingi galeri, sinematik 360 derajat akan mengubah tempat tersebut menjadi ruang bersuasana penuh warna yang dilengkapi dengan iringan musik klasik seperti Debussy, Tchaikovsky, Saint-Saëns, dan Ravel.

Pengunjung juga mendapat pengalaman membaui aroma menggoda dari cemara, pala, dan cendana sesaat menatap mahakarya para pelukis ternama itu.

“Kami adalah satu-satunya perusahaan di dunia yang menggunakan pendekatan multi-indera pada pameran dan pengalaman,” klaim Bruce Peterson, pendiri Grande Experiences berbasis di Melbourne melansir dari laman The Sydney Morning Herald.

“Kami mengintegrasikan sebanyak mungkin indra manusia, menjalinnya sehingga pengunjung memiliki pengalaman yang lebih emosional," tambahnya.

Gambar yang akan diproyeksikan dalam skala besar di Monet and Friends di antaranya adalah lukisan bunga teratai milik Monet yang ia lukis di tamannya di Giverny. Lalu ada juga balerina yang tengah berlatih di barre karya Edgar Degas.

Penyelenggara menyatakan bahwa pameran Monet and Friends dapat dijadikan tujuan jalan-jalan keluarga. Pameran Monet and Friends inipun dijamin aman karena menerapkan standar protokol kesehatan ketat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini