Tim Arkeolog Teliti Prasasti Talang Tuo Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Antara, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 406 2355344 tim-arkeolog-teliti-prasasti-talang-tuo-peninggalan-kerajaan-sriwijaya-X19rixKcNQ.JPG Tim arkeolog teliti prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya (Foto: Antara)

DINAS Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Selatan (Disbudpar Sumsel) membentuk tim untuk melakukan penelitian situs penemuan prasasti Talang Tuo yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

"Tim beranggotakan Komunitas Sahabat Cagar Budaya (SCB), Balai Arkeologi dan orang-orang yang mengetahui cerita Talang Tuo diharapkan dapat mengungkap sejarah," kata Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal di Palembang, Selasa, 2 Februari 2020.

Menurutnya, prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di Kawasan Talang Kelapa, Kecamatan Sukarami, Palembang pada 1920 tersebut, sekarang disimpan di Museum Nasional Jakarta.

Baca juga: Kisah Pramugara "Sulap" Desa Kelahirannya Jadi Wisata Edukasi 'Red Angels'

Situs atau lokasi ditemukan prasasti tersebut akan ditata dan dijadikan objek wisata luar ruangan atau alam bebas seperti hiking, biking, dan outbound.

Untuk melakukan penataan dan membuat replika prasasti Talang Tuo, diharapkan tim bisa bekerja cepat memberikan informasi akurat mengenai titik situs ditemukan prasasti itu.

Sementara, Kepala Balai Arkeologi Sumsel, Budi Wiyana mengatakan, pihaknya akan memberi data dan informasi berkaitan dengan prasasti Talang Tuo secepatnya.

 

Data mengenai cerita asal usul sejarah situs tersebut sedang dikumpulkan dan secepatnya diberikan kepada Disbudpar sehingga bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah setempat.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini