6 Surga Wisata di Manokwari, Pulau Mansinam hingga Teluk Doreri

Dinny Ayu Anggarda Paramitha, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 408 2354945 6-surga-wisata-di-manokwari-pulau-mansinam-hingga-teluk-doreri-XLQy4h4Wlf.jpg Pantai Pasir Putih Yen Bebay di Manokwari (reyginawisataindonesia.blogspot.com)

PAPUA Barat memiliki pesona alam yang sungguh indah. Selain Raja Ampat yang terkenal dengan eksotisme pantai dan alam bawah lautnya serta pulau-pulau menawan, ada juga Kabupaten Manokwari yang menawarkan keindahan luar bisa.

Manokwari juga sudah sangat mendunia di kalangan pecinta alam bawah laut, khususnya penyuka selam atau diving.

Manokwari menyimpan keajaiban alam bawah laut. Banyak orang yang datang ke Manokwari untuk bisa menemukan “mutiara” yang sulit ditemukan di tempat lain.

Baca juga: Pariwisata Raja Ampat Kembali Dibuka, Wisatawan Wajib Registrasi Online

Berikut Okezone rangkum tempat eksotis yang patut Anda kunjungi saat berlibur ke Manokwari :

1. Pulau Mansinam

Mansinam adalah pulau pariwisata religi umat Kristen Protestan. Pulau yang merupakan bagian dari wilayah Papua Barat ini letaknya sekitar 6 KM dari Manokwari. Untuk mencapai pulau ini membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit menggunakan kapal mesin.

ilustrasi

Patung Yesus di Pulau Mansinam Manokwari (rubrikkristen.com)

Salah satu objek wisata yang populer di Pulau Mansinam, yaitu sebuah monumen Patung Yesus berukuran raksasa yang menjadi simbol atau perlambangan sejarah panjang perkembangan peradaban di Papua. Patung yesus di Pulau Mansinam ini sekilas mirip dengan Patung Kristus Penebus yang ada di Rio de Janeiro, Brazil, namun dalam ukuran yang sedikit lebih kecil.

2. Pantai Pasir Putih Yen Bebay

Tempat wisata Pantai Pasir Putih Yen Bebay berlokasi sekitar 5 km dari pusat kota, Anda dapat menempuhnya menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua sekitar 15 menit. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih.

Selain itu, pasirnya bertekstur lembut dan air lautnya yang begitu memanjakan mata karena berwarna biru jernih kehijauan. Anda dapat melakukan aktivitas berenang, atau sekedar bersantai dan berjemur di pinggir pantai dengan tenang dan nyaman.

Kawasan Pantai Pasir Putih ini terdapat juga pulau-pulau yang asri dan memiliki pemandangan yang indah. Suasananya pun sangat tenang, serta masyarakatnya yang ramah dan masih terdapat perkampungan tradisional yang khas.

Baca juga: Serunya Menjelajah Tambrauw, Sepotong Surga di Ujung Timur Indonesia

Jangan lupakan hamparan terumbu karang tak kalah menakjubkan dan memanjakan mata. Biota laut sangat beraneka ragam menjadikan pantai ini sangat cocok untuk diving dan snorkeling.

3. Pantai Bakaro

Pantai Bakaro dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi di Kota Manokwari. Pantai yang berada di pesisir bagian utara Manokwari ini memiliki tradisi unik. Masyarakat terutama nelayan disekitarnya melakukan ritual pemanggilan ikan.

Para nelayan yang memanggil ikan-ikan meniupkan pluit dari kulit kerang sambil membawa makanan ikan. Selain itu, hal ini dapat menarik para wisatawan untuk melihat.

ilustrasi

Pantai Bakaro (Instagram @taufiqsofrizal)

Pantai yang terletak bersebelahan dengan Pantai Pasir Putih ini juga memiliki karakter pantai yang berbatu, memungkinkan para pengunjung dapat mendekati tengah pantai di saat laut surut dan pengunjung dapat menyaksikan langsung dasar pantai yang jernih tempat ikan-ikan berkumpul.

Anda dijamin akan merasa takjub karena hamparan pasir putih bersih, air laut yang begitu jernih dan deburan ombak di pantai ini. Memerlukan waktu sekitar 15 menit perjalanan dari pusat Kota Manokwari, atau lebih tepatnya berada di Desa Sunsweni, Kecamatan Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, pantai ini dibuka 24 jam setiap harinya.

4. Pantai Amban

Pantai Amban dikenal mempunyai hamparan pasir halus berwarna agak kehitam-hitaman. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini pada sore hari menjelang malam hari. Pada waktu ini, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam yang begitu eksotis.

Pantai yang buka setiap hari ini, lokasinya berada di Desa Amban, Kecamatan Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, berjarak 4KM dari pusat Kota Manokwari.

5. Pantai Maruni

Berjarak kurang lebih 20KM dari pusat Kota Manokwari, pantai yang berada di Jalan Raya Manokwari - Bintuni, Desa Anday, Kecamatan Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari dapat Anda tempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua menuju arah selatan.

ilustrasi

Pantai Maruni memiliki hamparan pasir yang unik, berbeda dengan Pantai Amban pantai ini memiliki pasir dengan kuarsa hitam dan tercampur batu-batu kerikil. Selain dapat menikmati pantai yang begitu mempesona, Anda juga dapat melakukan beberapa kegiatan seru lainnya di pantai ini seperti berenang, memancing, dan lain sebagainya.

6. Teluk Doreri

Terdapat tiga pulau indah yang ada di Teluk Doreri, yaitu Pulau Mansinan, Pulau Raimuti, dan Pulau Lemon. Ketiga pulau tersebut memiliki terumbu karang alami yang tentunya sangat indah dan unik. Pulau-pulau di Teluk Doreri ini diperkirakan memiliki 20 bangkai kapal bekas Perang Dunia II.

Anda dapat melihat dengan jelas sekitar 5 kapal bekas perang, seperti kapal Pasir Putih Wreck (kapal patroli angkatan laut dengan panjang antara 13-22 m), Pillbox Wreck (kapal kargo komesial pembawa amunisi dengan panjang antara 9-16 m), Cross Wreck (kapal patroli), Mupi Wreck, Shinwa Maru (kapal kargo).

Alam bawah laut disekitar Teluk Doreri berisikan bangkai kapal dan menjadikannya salah satu situs terbaik untuk jenis bangkai kapal di Indonesia. Teluk Doreri juga memiliki fungsi beragam, yaitu sebagai tempat bermuaranya beberapa sungai (Sanggeng, Wirsi, Kwawi dan Dingin), pelabuhan laut baik untuk kepal domestik nasional ataupun antar pulau di Papua, tempat kegiatan perikanan tangkap nelayan tradisional, areal pemukiman dan tempat rekreasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini