Presiden Jokowi: Mandalika Kian Maju dan Terkoneksi Internet Cepat

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 406 2355819 presiden-jokowi-mandalika-kian-maju-dan-terkoneksi-internet-cepat-YrC3ntoBgv.JPG Presiden RI, Joko Widodo (Foto: Instagram/@jokowi)

MANDALIKA di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah gelaran MotoGP pada Juli 2021 mendatang.

Bicara soal Mandalika, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, Mandalika saat ini sudah menjadi kawasan yang maju. Terlebih di sana telah dibangun sirkuit MotoGP.

"Mandalika, kawasan pantai yang indah di Lombok, kian menggeliat maju. Mandalika dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus dan sirkuit untuk lomba balap tingkat dunia MotoGP dibangun di sana," kata Jokowi dikutip Okezone dari laman instagram-nya, @jokowi, Rabu (3/2/2021).

Kepala Negara juga menyebut Mandalika sudah terkoneksi, menyusul kehadiran infrastruktur teknologi berupa fasilitas internet yang akan sangat membantu dalam mempromosikan pariwisata di daerah itu.

Baca juga: Melihat Pesona 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia yang Menakjubkan

"Kawasan Mandalika kian maju berkat infrastruktur teknologi informasi yang dihadirkan Kementerian Kominfo. Akses internet cepat pun kini menjangkau Mandalika yang disambut gembira semua orang, dari pengusaha, pegiat pariwisata, sampai anak-anak sekolah," tutur Jokowi.

5 Destinasi Super Prioritas

Sementara, Ketua Pokdarwis Desa Sukarara, Syamsul Bahri mengakui kehadiran internet sangat dibutuhkan di desa mereka. Pasalnya, sebelum ada internet, warga harus pergi bolak-balik ke Mataram, hanya untuk bisa mengakses jaringan internet.

"Di era digitalisasi hari ini, jaringan internet itu sangat-sangat kami butuhkan! Kalau dulu, kami harus pergi ke Mataram. Bayangin, Mataram itu dari sini 4 km, bolak-balik, untuk sekedar akses internet. Untuk memperomosikan desa kami," kata Syamsul.

Baca juga: Sandiaga Yakin Pengerjaan Fasilitas Penunjang MotoGP di Sirkuit Mandalika Siap Juli 2021

Para siswa di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah pun merasakan hal yang sama. Mereka kesulitan belajar terlebih di tengah pandemi ini yang semuanya harus serba via daring termasuk aktivitas pendidikan.

"Dulu, sebelum ada akses internet, kita agak kesulitan buat belajar. Misalnya kayak gini disuruh cari materi yang ini, kita disuruh cari ke internet. Nah kita kebingungan mau cari di mana gitu,", keluh Susyanti, seorang siswi SMKN 1 Gangga.

Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa untuk memajukan sebuah bangsa diperlukan kekuatan dan kesatuan dalam memperbaiki kualitas pendidikan, yang sudah seharusnya berbasis digital seiring tuntutan kemajuan zaman.

"Konektivitas digital ini harus kita manfaatkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Untuk penguatan persatuan kita, persaudaraan di antara kita. Untuk memperkuat dan memperbaiki pendidikan kita. Memfasilitasi lalu lintas ilmu pengetahuan dan menebus seluruh pelosok Nusantara," tuturnya.

Baca juga: Event MotoGP Mandalika Jadi Unggulan Kalender Pariwisata NTB 2021

Pantai Mandalika

(Foto: Antara)

Dirinya pun berpesan agar konektivitas digital tersebut digunakan masyarakat sebaik-baiknya. "Gunakan dengan bijak demi kebaikan bersama, untuk kerukunan, persaudaraan, kesejaterahan dan kemajuan Indonesia bangsa Indonesia," tuntasnya.

Seperti diketahui, sebagai salah satu destinasi super prioritas Indonesia, Kemenparekraf hendak mengembangkan reputasi dan infrastruktur Mandalika agar siap menjadi tuan rumah wisata olah raga (sports tourism).

Ke depannya, Mandalika akan memiliki sirkuit MotoGP dengan dibangunnya Mandalika Street Race Circuit Cluster seluas 120 hektare yang terdiri dari Sirkuit Balap Skala Internasional, Convention Center, dan tujuh hotel mewah seiring dengan rancangan pengelolaan dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, sebuah kawasan berbasis pariwisata dari pemerintah Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini