7 Wisata Pantai di Lampung Paling Rekomended, Gigi Hiu hingga Tanjung Setia

Fatha Annisa, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 408 2355608 7-wisata-pantai-di-lampung-paling-rekomended-gigi-hiu-hingga-tanjung-setia-PCl47c5cdY.jpg Pantai Gigi Hiu di Kalumbayan, Tanggamus, Lampung (Instagram @pantaigigihiu)

LAMPUNG punya banyak destinasi wisata bahari berupa pantai-pantai cantik. Pantai di pesisir barat Lampung berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sebelah selatan dengan Selat Sunda dan sisi timurnya Laut Jawa.

Salah satu pantai di Lampung yang lagi viral dan jadi perbincangan warganet adalah Pantai Gigi Hiu, imbas dari mahalnya tarif untuk memotret di area objek wisata ini yang diterapkan pengelolanya. Tapi, selain Gigi Hiu, ada lagi pantai keren di Lampung.

Baca juga:  Heboh Tarif Mahal Motret di Pantai Gigi Hiu, Bisa Tembus Rp500 Ribu

Pantai-pantai di Lampung kebanyakan belum terekspos dengan baik, sehingga tidak begitu banyak dijamah wisatawan. Hal ini membuat keasrian pantai-pantai itu terjaga dengan baik.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 7 pantai paling hit di Lampung yang bisa jadi destinasi liburan :

1. Pantai Klara Lampung

Berlokasi di Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Pantai Klara Lampung adalah objek wisata bahari yang pas dikunjungi bersama keluarga. Pasalnya ombak di Pantai Klara tergolong tenang. Airnya pun dangkal sehingga aman bila anak-anak bermain di bibir pantai.

Fasilitas yang ditawarkan Pantai Klara juga sudah memadai. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil bersantai di gazebo yang sudah disediakan. Selain itu, terdapat berbagai permainan air seperti banana boat serta penyewaan perlengkapan untuk snorkeling. Jika bosan hanya bermain-main di tepi pantainya saja, pihak pantai menyewakan perahu boat untuk menyusuri laut Klara.

2. Pantai Gigi Hiu

Jangan terkecoh dengan namanya yang menyeramkan. Pantai Gigi Hiu tidak benar-benar dihuni oleh banyak hiu. Nama tersebut justru diambil dari panorama unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Tebing-tebing runcing di sekitar pantai berdiri dengan kokoh.

Secara sekilas, susunan tebing tersebut menyerupai taring hiu. Pemandangan akan semakin menakjubkan ketika ombak yang datang pecah sesaat menabrak batuan tersebut.

ilustrasi

Pantai Gigi Hiu (Instagram)

Pesona uniknya menjadikan tempat ini lokasi favorit bagi penggemar fotografi. Namun untuk bermain di tepi pantai tidak disarankan karena banyak batuan karang yang licin dan berbahaya.

Pantai Gigi Hiu yang berada di Kelumbayan, Kabupaten Tanggmus belum dilengkapi oleh fasilitas penunjang seperti penginapan ataupun restoran.

3. Pantai Kedu Warna Kalinda

Pantai Kedu Warna Kalinda terletak di jalan Sinar Laut, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Pantai ini dibuka dari pukul 8 pagi hingga 10 malam.

Akhir-akhir ini, Pantai Kedu Warna Kalinda menjadi salah satu objek wisata yang digemari masyarakat Lampung. Hal ini dikarenakan kehadiran sebuah kafe di bibir pantai dengan halaman yang langsung menghadap ke arah laut. Kafe ini menjadi terlihat sangat instagramable dengan tempat duduk warna-warni.

ilustrasi

Pantai Kalianda Lampung (Instagram @kelampung_geh)

Beberapa jenis pohon menyerupai pandan juga mulai ditanam di bibir pantai untuk menambah kesan indah. Bahkan saat malam tiba, suasana akan semakin meriah dan cantik akibat kehadiran lampu-lampu kekuningan di sekitar pantai.

4. Pantai Pasir Putih Lampung

Berjarak sekitar 45 menit dari pusat Kota Bandar Lampung terdapat Pantai Pasir Putih. Pantai ini biasa dijadikan tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Lampung.

Baca juga: Menikmati Indahnya Pulau Seureudong Sambil Memancing dan Berswafoto

Sesuai namanya, daya tarik Pantai Pasir Putih ada pada pasirnya yang putih dan lembut. Putih yang menyilaukan itu lantas berkolaborasi dengan kebiruan laut hingga menghasilkan pemandangan memukau. Terlebih saat matahari mulai terbenam dan langit berubah jingga. Dijamin pengunjung akan dibuat terpukau.

Tidak jauh dari Pantai Pasir Putih terdapat Pulau Condong. Pengunjung dapat menyebrang ke pulau tersebut dengan cara menyewa perahu yang disediakan di Pantai Pasir Putih.

5. Pantai Sari Ringgung

Serupa dengan Pantai Pasir Putih, Pantai Sari Ringgung juga memiliki pasir yang putih. Bedanya, pengunjung akan menemukan beberapa keunikan di pantai ini seperti fenomena alam berupa Pasir Timbul yang terbentuk secara alami. Terdapat juga masjid yang mengapung di perairan pantai.

Pantai yang terletak di Desa Sidodadi ini tak pernah sepi pengunjung. Selain keunikan yang menjadi daya tarik utama, Pantai Sari Ringgung telah dilengkapi fasilitas menarik. Pengunjung bisa menaiki wahana permainan air atau memanjakan lidah di Cafe D’apung yang berada di kawasan pantai.

6. Pantai Mutun

Jika Anda ingin mencari pantai dengan suasana tenang, datanglah ke Pantai Mutun. Meskipun tidak terlalu banyak pengunjung, Pantai Mutun menawarkan aneka ragam permainan air yang akan membuat liburan Anda mengasyikan.

ilustrasi

Mulai dari parasailing, banana boat, kano, atau motorboat. Kegiatan snorkeling pun diperbolehkan di pantai ini.

Selain itu, Pantai Mutun juga menyediakan sebuah waterboom dimana pengunjung dapat merasakan sensasi meluncur langsung ke laut. Tetapi karena waterboom yang ada cukup tinggi, anak-anak usia kurang dari 7 tahun tidak dianjurkan untuk mencobanya.

7. Pantai Tanjung Setia

Berlokasi di pesisir selatan Kabupaten Lampung Barat, Pantai Tanjung Setia biasa dijadikan tujuan wisata para peselancar. Ombak di pantai ini tergolong cukup besar dengan ketinggian mencapai 6 hingga 7 meter dan panjang sekitar 200 meter.

Ombak ini akan sangat cocok dimanfaatkan untuk berselancar pada bulan Juni hingga bulan Agustus.

Namun jika Anda bukan peselancar, Pantai Tanjung Setia tetap layak dikunjungi. Di tepi pantai berjajar pohon palem yang cukup rimbun sehingga pengunjung dapat bersantai tanpa takut terkena sengatan matahari.

Panorama bawah laut Pantai Tanjung Setia pun tak kalah menarik. Dan jangan lupa untuk singgah sedikit lebih lama hingga Anda dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang cantik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini