Deretan Wisata Religi Islami di Rusia, Masjid Katedral hingga Mata Air Auliya

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 408 2355707 deretan-wisata-religi-islami-di-rusia-masjid-katedral-hingga-mata-air-auliya-1k9PD0Fm1K.jpg Masjid Katedral Moskow (Foto Dronestagram)

RUSIA merupakan negara dengan luas wilayah terbesar di dunia. Sekitar 20 hingga 28 juta penduduknya adalah Muslim. Persentasenya 20 persen dari total populasi yang jumlahnya 142 juta jiwa. Artinya, Islam agama terbesar kedua di Rusia setelah Kristen Ortodoks.

Populasi Muslim di Rusia terus meningkat. Pemimpin Rusia Vladimir Putin bahkan sudah memasukkan Muslim dalam kabinetnya. Umat Islam di Rusia juga sudah mendapat pengakuan. Ada ribuan komunitas Muslim di sana terdiri dari Sunni, Syiah bahkan penganut aliran Sufi.

Baca juga: Termasuk Indonesia, Ini 20 Negara yang Dilarang Masuk Arab Saudi

Suku Dagestani diakui sebagai kelompok Muslim pertama di Rusia sejak abad 8 Masehi. Salah satu yang berasal dari sini adalah Khabib Nurmagomedov, bintang MMA yang baru memutuskan pensiun dengan mempertahankan rekor tak terkalahkan dan gelar juara dunia UFC kelas ringan.

Berikut adalah destinasi wisata religi bernuansa Islami di Rusia seperti dikutip dari Lonely Planet dan Russia Beyond :

1. Masjid Katedral di Moscow dan St. Petersburg

Jumlah Muslim yang tinggal di Moskow diyakini sebanyak 1,5 juta, lebih dari dua kali lipat populasi Islam di London. Namun, hanya ada empat masjid resmi yang ada di sana, yang utama adalah Masjid Katedral yang dibangun pada 1904.

Masjid ini mengalami kerusakan pada 2011 kemudian dibangun Kembali dan dibuka pada 2015. Didekorasi dengan mewah dengan gaya Bizantium, masjid ini memiliki menara setinggi 72m dan kubah tengah yang dihiasi dengan 12kg daun emas di dalam dan luar.

St Petersburg juga memiliki Masjid Katedral, yang secara seremonial dibuka pada tahun 1913 bertepatan dengan peringatan 300 tahun dinasti Romanov. Bangunan ini memesona dengan mosaik dekoratif ubin lapis biru.

Baca juga: Keren Banget, Ini 9 Lokasi Syuting Film Harry Potter Jadi Destinasi Wisata

Dikarenakan proses desain yang begitu rumit membuat masjid ini baru sepenuhnya selesai pada tahun 1920 dan siap untuk digunakan warga muslim untuk beribadah sehari-hari.

2. Benteng Kala Qurays

Benteng kuno Kala Quraisy terletak 1.000 meter (3.300 kaki) di atas permukaan laut. Benteng ini adalah stasiun berbenteng pertama yang dibangun sebagai bagian dari pusat penyebaran Islam di Kaukasus.

ilustrasi

Benteng Kala Qurasy (Foto Andrey Borisov/ArtStudio-3D/Russia Beyond)

Dipercaya didirikan pada abad ke-7 M oleh keturunan suku Quraisy (suku di mana Nabi Muhammad dilahirkan). Kala Quraysh kadang disebut Dagestani Machu Picchu yang mana pemukimannya tampak seperti labirin batu bertingkat di lereng gunung yang tinggi.

Benteng Kala Quraysh merupakan situs masjid tertua di Rusia yang dibangun pada abad ke-9. Disana ada juga lemari besi pemakaman kuno dan museum.

3. Kunta-Haji Kishiyev Ziyart 

Tempat ini adalah 59 situs pemakaman suci, yang disebut Ziyarts, di Chechnya. Yang paling dihormati ada di desa Haji Evla. Pada abad ke-19, desa itu adalah rumah bagi syekh Sufi Kunta-Haji Kishiyev, orang suci dan pasifis Chechnya, dan salah satu misionaris yang mendakwahkan syahadat Zikir ("Mengingat Allah").

Ada juga mata air suci di dekat tempat rumah Kishiyev berdiri; air dari mata air tersebut diyakini memiliki khasiat obat. Peziarah juga dapat mengunjungi ruang bawah tanah tempat ibu Kishiyev dimakamkan.

Tempat ini terletak di dekat Gunung Ertina, yang dianggap orang Chechen sebagai tempat suci.

4. Mata Air Auliya

Tempat ziarah penting lainnya di Bashkiria adalah mata air Auliya (Auliya berarti "suci" dalam Bahasa Bashkirian). Tempat ini terletak di Gunung Aushtau di Ural Selatan. Mata air yang mengalir selama lebih dari 30 hari pada akhir Mei dan awal Juni ini diyakini sebagian orang bisa menyembuhkan penyakit.

Orang-orang mandi di mata air dan mengambil air sucinya, yang mereka yakini dapat membersihkan batu ginjal, serta menyembuhkan penyakit pernapasan dan perut.

Mata air tersebut dikatakan memperoleh khasiat obat setelah 15 Mei.

Banyak Muslim percaya bahwa mendaki Gunung Aushtau dianggap sebagai versi kecil dari haji. Dipuncak gunung terdapat 3 kuburan penyiar Islam dari abad ke 13.

ilustrasi

Setelah bertobat, penduduk setempat menguburkan Syekh Muhammad Ramazan Al-Ush dan teman-temannya di puncak gunung, dan seketika muncul mata air di lerengnya.

5. Great Bulgar

Di tepi Sungai Volga, sekitar 140 km dari ibu kota Tatarstan, Kazan, terdapat reruntuhan kota kuno Great Bulgar yang legendaris. Kota Bulgar adalah salah satu kota terbesar dari Kekaisaran Gerombolan Emas abad pertengahan. Sekarang tempat ini adalah tujuan ziarah penting bagi Muslim Rusia.

Terlepas dari reruntuhan kuno, yang tersisa dari Great Bulgar adalah desa Bolgary dan dinding masjid besar dengan menara yang berasal dari abad ke-13.

Di seberang jalan dari pintu masuk masjid ada Mausoleum Utara yang terawat baik (yang dulu digunakan oleh bangsawan Bulgari). Di sebelah timur masjid ada makam Timur, yang diubah menjadi gereja Ortodoks pada abad ke-18.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini