5 Wisata Pantai di Pacitan, Pemandangannya Menawan Loh

Salsabila Jihan, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 408 2356043 5-wisata-pantai-di-pacitan-pemandangannya-menawan-loh-yBoCx82BI6.jpg Pantai Banyu Tibo Pacitan. (Foto: Instagram pantaibanyutibopacitan)

WISATA pantai di Pacitan menjadi salah satu yang diincar pelancong. Ada banyak pantai indah di Pacitan yang bisa Anda kunjungi.

Pacitan sendiri merupakan salah satu kontributor pantai terbanyak di Jawa Timur. Pantai di tempat kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono ini didominasi pemandangan pasir yang putih, air laut yang jernih, dan ombak yang bersahabat.

Dengan garis pantai yang cukup panjang ditambah gulungan ombak dari Samudera Hindia, pantai-pantai di Pacitan pun menawarkan daya tariknya sendiri yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Nah, Okezone telah merangkum deretan wisata pantai di Pacitan yang memiliki pemandangan nan menawan. Yuk simak!

Pantai Banyu Tibo

Pantai ini memiliki air terjun kecil yang asalnya dari sebuah sungai kecil yang jernih dan kemudian aliran itulah yang langsung jatuh ke pasir pantai di bawahnya.

Ya, sesuai dengan namanya, Banyu Tibo, yang berarti air terjun atau air yang jatuh.

Para pengunjung pun bisa menikmati guyuran air terjun itu sambil menikmati deburan ombak dan pemandangan yang eksotis milik pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini.

Baca Juga: Heboh Tarif Mahal Motret di Pantai Gigi Hiu, Bisa Tembus Rp500 Ribu

Pantai Taman

pantai

(Instagram @alfianfr_)

Berbeda dengan aktivitas yang dapat dilakukan di pantai lainnya, di Pantai Taman ini para pengunjung bisa menikmati rasanya meluncur dari atas tebing ke pantai berpasir putih.

Di sebelah barat pantai ini terdapat sebuah wahana Flying Fox yang pernah tercatat sebagai Flying Fox yang memiliki jalur terpanjang di Indonesia. Wahana ini diresmikan oleh Bupati Pacitan pada September 2013.

Selain itu, pantai ini juga dijadikan tempat oleh beberapa spesies penyu untuk bertelur, seperti penyu hijau, penyu abu-abu, penyu sisik, dan penyu belimbing.

Jadi pengunjung tidak hanya melihat pemandangan dari bibir pantai saja, tetapi bisa sekaligus melihat keindahan pantai yang berlokasi di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dari ketinggian.

Pantai Pancer Dorr

Pantai Pancer Dorr berada di wilayah Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang juga merupakan bagian dari teluk Pacitan bagian timur yang berhadapan langsung dengan laut selatan Jawa.

Konon menurut warga sekitar, Pantai Pancer Dorr ini masih berkaitan erat dengan Nyi Roro Kidul, yaitu sebagai salah satu pintu masuk ke Kerajaan Laut Selatan. Namun tidak usah khawatir, pengunjung cukup menjaga kesopanan dan menjaga norma adat yang berlaku di sana.

Dibalik itu semua, pantai ini memiliki ombak yang cukup menantang bagi para pecinta surfing untuk unjuk kemampuannya. Pantai Pancer Dorr juga ternyata sering digunakan sebagai tempat untuk melakukan berbagai acara, mulai dari perkumpulan komunitas hingga berbagai festival.

Pantai Karang Bolong

Terletak di Desa Donorojo, Kelurahan Sendang, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Pantai Karang Bolong memiliki kekhasannya sendiri, yaitu adanya bongkahan tebing karang raksasa yang terdapat lubang besar di bawahnya akibat terkikis oleh ombak.

Pantai ini bukanlah pantai yang memiliki pasir putih eksotis di bibir pantainya, melainkan hanya sebuah tebing yang menjorok ke lautan dan di atasnya dipenuhi oleh tanaman hijau. Selain itu, karena memiliki tebing-tebing yang curam, tebing-tebing tersebut tidak bisa dituruni dan di bawahnya terdapat ombak yang cukup kencang.

Walaupun tidak bisa menuruni tebing tersebut, Pantai Karang Bolong ini sering dijadikan tempat untuk menikmati matahari tenggelam atau hanya untuk sekadar bersantai dari atas tebing.

Baca Juga: Geblek Menoreh View, Angkringan Kekinian Bernuansa Sawah nan Asri

Pantai Kasap

pantai

(Instagram @sintyamhrn)

Pantai yang terletak di Dusun Ketro, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini sering disebut sebagai Raja Ampatnya Pacitan karena memiliki gugusan karang yang mirip dengan Raja Ampat di Papua.

Pemandangan gugusan karang dengan hamparan laut itulah daya tarik yang dimiliki pantai ini.

Pantai ini juga memiliki pasir putih dan ombak yang dahsyat, jadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan lanskap pantai ini adalah dari puncak Kacap, salah satu puncak bukit karang.

Pantai Kasap ini masih tergolong alami dan belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi suasana tenang dan tentram masih bisa ditemukan di pantai ini sambil menikmati semilir angin yang berhembus dan suara deburan ombak yang menenangkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini