Terungkap, Ini Fungsi Lidah Emas Mumi Berusia 2.000 Tahun yang Ditemukan di Mesir

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 406 2356363 terungkap-ini-fungsli-lidah-emas-mumi-berusia-2-000-tahun-yang-ditemukan-di-mesir-PxjGuDEPTv.jpg Mumi dengan lidah emas yang ditemukan di Mesir utara (EGYPTIAN OF ANTIQUITIES/BBC)

KEMENTERIAN Purbakala Mesir menyatakan bahwa para arkeolog menemukan mumi berusia 2.000 tahun dengan lidah emas di dalam mulutnya di Mesir utara.

Sebuah tim gabungan Mesir dan Dominika yang bekerja di kuil Taposiris Magna Alexandria menemukan 16 pemakaman di kuburan batu yang populer di era Yunani dan Romawi.

Baca juga: Termasuk Indonesia, Ini 20 Negara yang Dilarang Masuk Arab Saudi

Di dalamnya ada sejumlah mumi yang diawetkan dalam kondisi tak terawat.

Diperkirakan orang yang meninggal diberi jimat kertas emas berbentuk seperti lidah agar mereka dapat berbicara di hadapan pengadilan dewa Osiris di akhirat.

Orang Mesir kuno percaya bahwa Osiris adalah penguasa dunia bawah dan hakim bagi orang mati.

Dewa itu juga digambarkan dalam dekorasi berlapis emas pada cartonnage - bahan yang terbuat dari lapisan plester, linen dan lem - yang sebagian membungkus salah satu mumi, menurut arkeolog utama Kathleen Martinez dari Universitas Santo Domingo, seperti dikutip oleh kementerian purbakaladikutip oleh kementerian purbakala Mesir.

Baca juga: Tim Arkeolog Teliti Prasasti Talang Tuo Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Hiasan berlapis emas pada tulang rawan di sekitar kepala mumi kedua menggambarkan mahkota, tanduk, dan ular kobra, tambahnya.

Sementara di dada mumi tersebut, ada dekorasi yang menggambarkan kalung yang digantung pada kepala elang - simbol dewa Horus.

Khaled Abo El Hamd, direktur jenderal otoritas purbakala di Alexandria, mengatakan misi arkeologi di Taposiris Magna juga menemukan topeng pemakaman seorang perempuan, delapan serpihan emas dari karangan bunga emas, dan delapan topeng marmer yang berasal dari era Yunani dan Romawi.

Kementerian Purbakala mengatakan sejumlah koin bertuliskan nama dan potret Ratu Cleopatra VII sebelumnya telah ditemukan di dalam kuil.

Cleopatra VII adalah ratu terakhir dari dinasti Ptolemeus yang berbahasa Yunani dan memerintah Mesir dari 51-30 SM.

Setelah kematiannya, Mesir jatuh di bawah dominasi Romawi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini