7 Spot Sunrise Cantik di Bandung, Tebing Keraton hingga Ranca Upas

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 408 2356648 7-spot-sunrise-cantik-di-bandung-tebing-keraton-hingga-ranca-upas-Aa96XYEXVG.jpg Sunrise di Kawah Putih. (Foto: Instagram cahya_2108)

SPOT sunrise di Bandung menjadi tujuan wisata, terutama bagi masyarakat Jakarta. Ada banyak tempat yang menarik dikunjungi untuk berburu spot sunrise.

Bandung dianugerahi bukit serta wisata alam yang menyuguhkan pesona matahari terbit. Ditambah dengan udara sejuk dan panorama cantik, bukankah itu perpaduan yang sangat ciamik?

Dikumpulkan dari beberapa sumber, Okezone telah merangkum 7 lokasi paling cocok untuk menyaksikan matahari terbit di Bandung. Yuk simak!

Cukul Sunrise Point

sunrise

Sesuai namanya, Cukul Sunrise Point dikatakan sebagai salah satu spot paling baik untuk menjadi saksi terbitnya sang fajar. Cukul Sunrise Point berada di kawasan Perkebunan Teh Cukul. Oleh karenanya, pengunjung akan disuguhkan hamparan hijau daun teh selama perjalanan menuju lokasi.

Cukul Sunrise Point berada di wilayah Bandung Selatan. Ketinggiannya mencapai 1.600 mdpl. Udara sebelum fajar akan terasa dingin, namun seiring tingginya matahari di atas bagian permukaan bumi itu suhu akan meningkat.

Beberapa fasilitas sudah tersedia di sunrise point ini. Terdapat spot sunrise, lokasi-lokasi viewpoint, spot untuk berfoto, dan fasilitas penunjang lain seperti mushola, warung makan, dan toilet.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Honeymoon Terbaik di Bandung, Bikin Cinta Membara

 

Sunan Ibu Sunrise Point

 

Spot matahari terbit selanjutnya adalah Sunan Ibu. Lokasinya berada di kawasan salah satu objek wisata kebanggaan Bandung, yaitu Kawah Putih. Sunan Ibu Sunrise Point baru dibuka sekitar 2018 lalu. Masih sangat baru dan asri untuk dikunjungi, lho!

Akses menuju Sunan Ibu sudah bisa dikatakan memadai. Paving blok telah diberikan untuk jalan landau dan tangga untuk jalur menanjak. Di sini, pengunjung dapat melihat matahari terbit sekaligus pemandangan kawah putih dari ketinggian 2430 mdpl. Oleh karenanya, jangan lupa mengenakan pakaian hangat jika berkunjung ke Sunan Ibu.

Sunan Ibu menyediakan beberapa fasilitas juga bagi pengunjung. Di sekitar kawasannya ada mushola, toilet, dan spot-spot foto menarik di sepanjang jalur hiking. Dibangun pula shelter untuk pengunjung yang kelelahan ketika ingin mencapai lokasi.

Bukit Moko

Jika Anda ingin menyaksikan sunrise sembari melihat keindahan kota Bandung dari ketinggian, Bukit Moko seharusnya menjadi tujuan Anda. Bukit Moko berada cukup jauh dari keramaian kota, sangat cocok untuk pengunjung yang ingin kabur sejenak dari rutinitas.

Menuju Bukit Moko hanya memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Bandung. Sayangnya, akses jalan belum terbentuk sempurna. Namun tidak perlu khawatir karena pemandangan yang ditawarkan akan membayar kelelahan Anda.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Vila Cocok Buat Staycation di Bandung

Tebing Keraton

Orang-orang yang sering berkunjung ke Bandung pasti sangat tidak asing dengan tebing yang dibuka sejak 2014 ini. Tebing Keraton berlokasi di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, tidak terlalu jauh dari Bukit Moko. Sembari menunggu matahari muncul dari tempat peristirahatannya, pengunjung akan ditemani oleh semilir angin yang sejuk serta pemandangan memukau.

Untuk sampai ke lokasi, pengunjung disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Jika memang datang dengan kendaraan roda empat, pengunjung hanya bisa sampai di kawasan Warung Bandrek. Lalu melanjutkan perjalanan dengan ojek.

Ranca Upas

ranca upas

(Foto: Instagram brother_kiw)

Berjarak kurang lebih 50 kilometer dari pusat Kota Bandung, Ranca Upas menjadi salah satu lokasi paling cocok untuk melihat kecantikan pesona matahari terbit yang diselimuti oleh kabut. Kabut-kabut tersebut menambah kesan dramatis yang membuat pengunjung terkagum-kagum.

Selain sebagai sunrise point, Ranca Upas juga merupakan area bumi perkemahan. Pengunjung yang ingin menikmati suasana asri sedikit lebih lama dapat bermalam di sana. Terdapat juga kolam air panas alami, danau Ranca Upas, dan penangkaran rusa.

Puncak Mega Gunung Puntang

 

Gunung Puntang sering dijadikan tujuan pendakian bagi para pendaki gunung di Bandung. Memiliki ketinggian 2.222 mdpl, puncak Gunung Puntang tentu saja menawarkan panorama menakjubkan.

Di Puncak Gunung Puntang yang bernama Puncak Mega ini, pengunjung akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan untuk melihat matahari terbit. Namun untuk sampai ke Puncak Mega, pengunjung harus rela dikuras waktu serta energinya. Karena perjalanan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

 

Stone Garden

Meskipun tidak berada di ketinggian seperti sunrise view point lain, menatap mentari yang mulai menyinari bumi di Stone Garden tidak kalah menawan. Hal ini dikarenakan tidak ada banyak objek yang menghalangi pemandangan di puncaknya.

Terlepas dari viewnya, Stone Garden punya keunikan yang membuat banyak orang tertarik. Di wisata geopark ini menawarkan keadaan alam yang unik. Sejauh mata memandang pengunjung disuguhi oleh bebatuan. Katanya, bebatuan itu adalah fosil terumbu karang. Pengunjung akan dibuat merasa kembali ke zaman purba.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini