Semarang Banjir, 7 Penerbangan di Bandara Ahmad Yani Ditunda

Antara, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 06 406 2357578 semarang-banjir-7-penerbangan-di-bandara-ahmad-yani-ditunda-ZyabpCxBrt.jpg Suasana di terminal penumbang Bandara Ahmad Yani Kota Semarang (Angkasa Pura I/Antara)

SEBANYAK tujuh jadwal penerbangan dari dan menuju Bandara Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah, ditunda akibat banjir yang menggenangi di landasan pacu atau runway.

"Hingga saat ini ada tujuh jadwal penerbangan yang ditunda dan satu penerbangan yang dialihkan ke Surabaya yakni Garuda Indonesia GA 232 rute Jakarta-Semarang," kata Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Heri Trisno Wibowo saat dihubungi melalui telepon di Semarang, Sabtu (6/2/2021).

Baca juga:  Semarang Banjir, Bandara Ahmad Yani Ditutup Sementara

Penerbangan yang ditunda akibat cuaca buruk dan banjir di landasan pacu adalah Batik Air ID 6362 rute Jakarta-Semarang, Batik Air ID 6350 rute Jakarta-Semarang, Nam Air IN 195 rute Pangkalan Bun-Semarang.

Kemudian Wings Air IW 1806 rute Semarang-Pangkalan Bun, Garuda Indonesia GA 235 rute Semarang-Jakarta, Batik Air ID 7369 rute Semarang-Jakarta, dan Nam Air IN 196 rute Semarang-Pangkalan Bun.

Heri juga menyampaikan pihaknya memperpanjang penutupan sementara Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani sampai cuaca dalam keadaan baik.

Baca juga: Stasiun Tawang Semarang Lumpuh Akibat Banjir

Selain itu, lanjut dia, juga menunggu penyedotan genangan air di landasan pacu selesai dilakukan.

"Pengecekan dan pembersihan area sisi udara dan terminal masih dilakukan sampai dengan saat ini oleh para petugas," ujarnya.

Seperti diwartakan, penutupan sementara Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani dilakukan menyusul adanya genangan air di landasan pacu setelah dilakukan pengecekan secara rutin atau inspeksi di pagi hari akibat cuaca buruk dan hujan deras sejak Jumat 5 Februari malam.

Saat ini sedang dilakukan upaya pembersihan dan penyedotan genangan air di landasan pacu dengan mengoperasikan 54 unit pompa.

Banjir menerjang Semarang sejak Sabtu dini hari akibat hujan deras. Sejumlah kawasan tergenang termasuk Stasiun Tawang yang lumpuh total. Stasiun peninggalan Belanda yang berada di Semarang Utara itu terendam air sehingga kereta api tak bisa melintas dan tak ada aktivitas pemberangkatan.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang, Krisbiantoro mengakui bahwa aktivitas Stasiun Tawang saat ini berhenti akibat banjir.

“Sementara berhenti dulu belum bisa (aktivitas), masih banjir,” katanya saat dikonfirmasi Okezone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini