Crosswind Landing Berbahaya? Ini Penjelasan Kapten Vincent Raditya!

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 406 2357922 crosswind-landing-berbahaya-ini-penjelasan-kapten-vincent-raditya-mAQruqi5mx.jpg Vincent Raditya jelaskan arti crosswind landing. (Foto: YouTube)

DALAM dunia penerbangan, crosswind landing adalah proses dimana angin berhembus di bagian samping pesawat sehingga cara landing yang dilakukan adalah dengan memiringkan badan pesawat yang melawan arah angin tersebut. Tetapi, apakah hal ini berbahaya?

Kapten Vincent Raditya sebagai content creator dan juga pilot mengunggah sebuah video penjelasan tentang crosswind landing dalam penerbangan. Menurut Kapten Vincent Raditya, crosswind landing sama saja seperti pendaratan pesawat dalam keadaan normal.

Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa pendaratan jenis ini tidak bisa dihindari karena melihat cuaca yang ada saat ingin melakukan pendaratan. Teknik crosswind landing juga sudah diajarkan sejak dini saat para pilot masih dalam masa pendidikan.

“Kalau dikatakan berbahaya atau tidak, crosswind landing adalah landing yang normal. Kita tidak bisa menghindari ini saat angin sedang kencang. Oleh karena itu teknik crosswind landing juga sudah diajarkan sejak dini yaitu saat para pilot masih dalam pendidikan.” ungkap Kapten Vincent Raditya.

Baca Juga: Kangen Terbang Bareng Okky Bisma, Aldha Refa: Aku Seniormu Tapi Kamu Tindas

Selain penjelasan tentang bahaya atau tidak, Kapten Vincent Raditya juga memberikan simulasi crosswind landing melalui flight simulator sehingga penonton bisa melihat prosesnya.

Penasaran seperti apa proses crosswind landing yang dilakukan oleh Kapten Vincent Raditya menggunakan flight simulator? Yuk tonton video penjelasannya di YouTube channel Vincent Raditya sekarang!

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini