Langgar Prokes, Wisatawan Asing Bakal Dideportasi

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 406 2357944 langgar-prokes-wisatawan-asing-bakal-dideportasi-ztX44jl1Nw.jpg WNA pelanggar prokes. (Foto: Aris Wiyanto iNews)

MENGATASI bandelnya Warga Negara Asing (WNA) yang kerap mengabaikan protokol kesehatan bahkan melawan petugas, Satgas Covid-19 Provinsi Bali melibatkan petugas imigrasi dan Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Bali dalam razia protokol kesehatan.

Satgas Covid-19 Provinsi Bali pun mengancam akan mendeportasi WNA yang masih membandel dan menolak mematuhi protokol kesehatan.

Tak lagi main-main, Satgas Covid-19 Provinsi Bali kini menindak tegas wisatawan asing yang bandel dan tak mematuhi protokol kesehatan. Warga asing yang kedapatan tidak memakai masker dikejar dan digiring petugas ke tempat tes swab antigen yang disiapkan petugas di persimpangan Desa Tibubeneng, Kuta Utara.

Tak hanya hukuman push up atau denda Rp100 ribu, warga asing yang terjaring razia kini harus dites swab antigen.

bule

Baca Juga: Introvert Suka Liburan ke Gunung, Ekstrovert ke Pantai, Benar Enggak Sih?

Kepala Sekretariat Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Made Rentin, mengatakan, bagi warga asing yang masih membandel tak mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah untuk emncegah penyebaran pandemi akan diancam dideportasi.

"Sanksi paling tegas yang diterapkan kepada bule yang masih ngeyel ini adalahh deportasi, teman-teman imigrasi akan melakukan ini sesuai ketentuan yang berlaku," katanya kepada wartawan di Bali.

Made Rentin menambahkan, razia prokes untuk warga asing ini melibatkan pihak imigrasi dan PHRI. PHRI, menurutnya, menjadi pihak yang langsung

"Kami hadirkan khusus PHRI dan imigrasi, PHRI ini sebagai lembaga resmi sektor pariwisata yang langsung punya hubungan dengan komjen negara," tambah dia.

Baca Juga: Pilot Korban PHK Jadi Kuli Bangunan, 'Kami Kekurangan Uang'

Sebanyak 100 swab antigen disiapkan untuk warga asing pelanggar protokol kesehatan. Razia di kawasan padat wisatawan asing di Bali ini akan digelar satgas Covid-19 Bali secara berkala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini