Sederet Mitos Alas Purwo, Kerajaan Jin hingga Tempat Semedi Bung Karno

Salsabila Jihan, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 406 2358127 sederet-mitos-alas-purwo-kerajaan-jin-hingga-tempat-semedi-bung-karno-YyQXZRKW9H.jpg Hutan keramat Alas Purwo. (Foto: Telusurindonesia)

SEJUMLAH orang mendeklarasikan Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu), yang salah satunya program kerjanya adalah menggelar festival santet.

Perdunu juga akan mengenalkan destinasi mistis di Banyuwangi, salah satunya yaitu Alas Purwo.

Alas Purwo merupakan sebuah taman nasional seluas 43.420 hektare yang letaknya di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang secara geografisnya terletak di ujung tenggara Pulau Jawa.

Baca Juga: Heboh! Persatuan Dukun Banyuwangi Mau Gelar Festival Santet

Suaka tersebut didiami oleh beraneka macam flora dan fauna. Bahkan Alas Purwo ini merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia dan yang terbesar di Pulau Jawa.

alas purwo

Alas Purwo ini dikenal sebagai kawasan hutan yang memiliki sejuta misteri di dalamnya. Konon hutan ini ditandai sebagai hutan terangker se-Pulau Jawa. Bahkan di taman nasional ini sering kali dijadikan sebagai tempat semedi.

Tak jarang juga masyarakat yang datang ke tempat ini sengaja untuk mencari wangsit atau ilmu hitam hingga pesugihan.

Ada beberapa mitos yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan kerajaan jin terbesar yang menjadi tempat berkumpulnya makhluk tak kasat mata yang ada di Pulau Jawa, misalnya saja genderuwo.

Menurut cerita yang berkembang di Banyuwangi, ada sesosok anak genderuwo dari Alas Purwo yang dikenal dengan nama Wagini.

Baca Juga: Penari Rangda Tewas Tertusuk Keris, Ini Fakta-Fakta Seputar Rangda

Konon, ibunya Wagini didatangi sesosok yang mirip dengan suaminya, yang ternyata itu adalah genderuwo dari Alas Purwo yang menyamar menjadi manusia.

Mitos lainnya yang cukup terkenal adalah jika mendengar suara asing memanggil, maka jangan langsung menengok dan mencari sumber suara. Hal itu dipercaya akan membawa malapetaka. Bahkan orang tersebut bisa dibawa oleh makhluk ghaib yang memanggilnya tadi.

Karena terdapat banyak gua, hutan tertua di Pulau Jawa ini sering dijadikan tempat untuk memperlajari ilmu gaib. Gua yang terkenal di Alas Purwo ini adalah Gua Istana, yang konon gua ini pernah dikunjungi oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno untuk bersemedi sekaligus mencari ketenangan.

Menurut cerita rakyat setempat, Bung Karno diyakini juga pernah bertemu dengan penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul, di gua tersebut.

Gua Istana ini juga menjadi pusat dari semua penghuni yang ada di Hutan Purwo. Bahkan katanya gua ini dijaga oleh dua prajurit bangsa jin yang bertubuh besar dan banyak makhluk dari bangsa mereka yang tinggal di sini.

Biasanya pada bulan Suro atau tahun baru Jawa, banyak orang yang datang ke Alas Purwo untuk melakukan ritual atau semedi di gua-gua yang ada di sini.

Baca Juga: Kisah Misteri Alas Purwo, Hutan Angker di Banyuwangi

Selain itu, dalam cerita turun-temurun masyarakat Banyuwangi, tidak ada satupun manusia yang bisa pulang dengan selamat ketika memasuki hutan Purwo ini. Bahkan jasadnya saja tidak bisa ditemukan.

Namun bagi yang bisa keluar dengan selamat dari hutan tersebut, maka akan mendapatkan musibah dan kecelakaan.

Walaupun begitu, di balik kemistisannya itu, Taman Nasional Alas Purwo ini memiliki berbagai objek wisata di dalamnya yang indah, seperti savana, situs peninggalan sejarah, pura, hingga pantai.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini