Makin Cantik, Kota Makkah Dihiasi Mural Kaligrafi Arab Modern

Salman Mardira, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 406 2358538 makin-cantik-kota-makkah-dihiasi-mural-kaligrafi-arab-modern-KmdjXsOWB1.jpg Mural kaligrafi Arab menghiasi jembatan Al-Awali, Makkah, Arab Saudi (Arab News)

KOMUNITAS seniman berkumpul untuk menambahkan lebih banyak sentuhan seni di kota multikultural Makkah, Arab Saudi dalam bentuk mural sepanjang 33 meter.

Mural ini diselenggarakan melalui partisipasi masyarakat dengan Vision Pioneers Group bekerja sama dengan Thawan Specialized Contracting, bertujuan untuk menambah sentuhan estetika pada jembatan Al-Awali, yang menghubungkan Makkah dengan Taif Al-Hada.

Baca juga: Lembah Al-Disah Bikin Pengunjung Bisa Rasakan Kembali ke Masa Lampau

Melansir Arab News, Senin (8/2/2021), selama lebih dari 14 hari, 15 pelukis Arab Saudi bekerja lebih dari 70 jam.

Mural ini dirancang dengan menggunakan seni kaligrafi Arab modern: Kaligrafi Sunbuli dibuat pada awal 1900-an oleh kaligrafi Turki Arif Hikmat dan berasal dari kaligrafi gaya Diwani.

Naskah Diwani pernah digunakan oleh kaisar Kesultanan Utsmaniyah, huruf-hurufnya memiliki aliran yang lancar dan harmonis. Sunbuli membuat perubahan kecil untuk memberikan tepi runcing yang kuat pada huruf-hurufnya.

Baca juga: Termasuk Indonesia, Ini 20 Negara yang Dilarang Masuk Arab Saudi

Inisiatif ini bertujuan untuk memperindah lanskap kawasan, menghiasi jalan dan jembatan, serta menghidupkan kembali seni dan lukisan yang memiliki tujuan tertentu di tempat umum di Makkah.

Mousa bin Suleiman Al-Sohbi, Kepala Manajemen Kecantikan dan Humanisasi Kota Makkah, mengatakan inisiatif itu datang dari Wali Kota Makkah Mohammed bin Abdullah Al-Quwaihes.

Bagian tindak lanjut dari Wakil Menteri untuk Konstruksi dan Pemeliharaan Arab Saudi, Eng. Zuhair bin Abdulrahman Saqat, dan Direktur Taman dan Kecantikan, Eng. Hani bin Hashem Nasiri.

ilustrasi

Ketua Kelompok Perintis Visi Rayyan bin Wasfi Maqlan mengatakan inisiatif sukarela itu bertujuan untuk memperbaiki pemandangan perkotaan di kota suci itu secara artistik dengan bantuan pemuda Saudi.

“Inisiatif ini juga bertujuan untuk menjelaskan bakat para peserta muda dan mendorong rasa tanggung jawab sosial mereka,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini