Dear Jomblo, Datang ke Pantai Ini Bisa Enteng Jodoh

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 408 2358590 dear-jomblo-datang-ke-pantai-ini-bisa-enteng-jodoh-wYnjBcNGM7.jpg Pantai Jodoh di Sampang, Madura, Jawa Timur (Instagram @potretmadura)

PANTAI Jodoh salah satu destinasi wisata kinian di pesisir utara Madura. Saat akhir pekan atau hari libur, pantai yang berada di Jalan Batulenger, Dusun Balanan, Sokobenah, Kabupaten Sampang, Jawa Timur ini ramai wisatawan. Konon, berfoto di pantai ini bikin enteng jodoh.

Selain hamparan pasir halus berwarna coklat cerah serta berpadu air laut, pantai ini juga punya spot-spot instagramable. Salah satu yang jadi incaran banyak pengunjung untuk foto-foto adalah plang nama "Pantai Jodoh" di pinggir laut dengan tulisan warna-warni.

Baca juga:  Bukan Hanya Penjara, Ini 5 Destinasi Wisata Keren di Pulau Nusakambangan

Pantai ini juga tersedia kafe keren yang menghadap ke laut. Spot unik seperti Perahu Jodoh juga kerap jadi sasaran orang berswafoto.

"Main ke sini gaes yang belom punya pasangan, siapa tau jodohnya ada di pantai ini," kata tulis akun Instagram @photomadura.

Saung-saung di Pantai Jodoh juga bisa bikin pengunjung tertawa geli, karena diberi nama nyeleneh; kamar jomblo, kamar janda, pelaminan dengan dua kursi berpasangan, serta rumah istri muda.

Kenapa dinamakan Pantai Jodoh?

Menurut cerita legenda beredar di warga sekitar, konon dahulu kala ada legenda seseorang pria jagoan bernama Jokotole yang jatuh cinta ke seorang perempuan cantik. Ia lalu datang ke pantai ini melamar pujaan hatinya itu. Apesnya, lamaran Jokotole ditolak.

Baca juga:  5 Geopark Indonesia yang Diakui UNESCO, Kaldera Toba Sampai Rinjani

Dari cerita itulah kemudian orang-orang menamakan lokasi tersebut sebagai Pantai Jodoh.

Sebagian masyarakat percaya bahwa jika ada pria berfoto dengan diapit dua perempuan di pantai ini, maka di antara mereka akan ada yang berjodoh.

Kalau orang berfoto sendirian di Pantai Jodoh juga diyakini lambat laun akan mendapatkan jodoh dan segera menikah.

Jika berfoto dengan teman sesama sejenis maka dipercaya persahabatannya akan langgeng terus.

Terlepas dari mitos tersebut, Pantai Jodoh memang menawarkan pesona menarik untuk dikunjungi. Pengunjung bisa beraktivitas seperti main volly, sepak bola, bersanta atau sekadar jalan-jalan di pinggir pantai.

Tiket masuk ke Pantai Jodoh Rp.3000 per orang. Jika mau menyisir laut, maka silakan naik boat dengan bayaran Rp15.000 per orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini