Begini Akses ke Gili Tangkong, Pulau yang Viral Dijual via Online

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 549 2358534 begini-akses-ke-gili-tangkong-pulau-yang-viral-dijual-via-online-qxI5PwK3Nx.jpg Gili Tangkong. (Foto: Instagram @imkedonkers)

GILI Tangkong di Lombok diduga dijual di situs online lewat situs Private Island Online ke investor dalam perusahaan atau pribadi. Padahal sejauh ini, Gili Tangkong menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang populer di Lombok Barat.

Iklan Gili Tangkong terpampang dalam laman alamat website https://www.privateislandsonline.com/asia/indonesia/gili-tangkong-island.

“Terletak di kawasan yang indah ini adalah Gili Tangkong, sebuah pulau pribadi eksklusif yang menawarkan pemandangan Lombok dan Bali yang menakjubkan dalam suasana yang tenang dan pribadi," tulis laman tersebut.

Baca Juga: Gili Tangkong Heboh Dijual di Situs Online, Intip Yuk Pesonanya!

 gili

(Foto: Instagram @lolosianipar)

Gili Tangkong berada di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Lokasinya juga berada di dekat objek wisata lainnya seperti Gili Kedis, Gili Sudak, Gua Landak dan Makam Keramat dan Gili Nanggu.

Objek wisata ini dilewati saat wisatawan menyeberang menuju ke Tangkong.Namun, ketersediaan transportasi umum ke Gili Tangkong masih langka.

Jika wisatawan ingin menikmati keindahan Gili Tangkong, harus naik angkutan umum dari Mataram hanya sampai ke pelabuhan Lembar. Makanya, jauh lebih aman kalau bawa mobil pribadi atau rental, yaitu dengan mobil atau sepeda motor.

Jalur terbaik yang bisa dilewati adalah Mataram-Dasan Cermen-Rumak-Gerung-Lembar. Rute ini panjangnya sekira 25 km.

Baca Juga: Marak Penjualan Pulau via Online, Kemendagri: Kami Investigasi Dulu

Anda bisa menyeberang ke Gili Tangkong melalui pelabuhan komoditas Lembar. Pelabuhan ini terletak kurang lebih 500 meter di sisi timur pelabuhan Lembar. Biayanya sekira Rp400 ribu (shuttle) untuk menyewa perahu untuk menyeberang, dengan maksimal penumpang 6 orang.

Di antara keempat spot wisata Gili di Lombok, hanya Gili Nanggu dan Gili Sudak saja yang memiliki fasilitas penginapan. Sedangkan Gili Tangkong belum ada karena memang tempatnya masih jarang untuk dikunjungi, tidak seperti Meno, Trawangan dan Air yang sudah ramai dan dilengkapi berbagai tempat menginap serta tempat hiburan.

Dilansir Okezone dari laman Lombok Indonesia.org, Gili Tangkong adalah salah satu di antara pulau kecil yang jarang terdengar di Lombok. Sekilas, Gili Tangkong terlihat seperti tempat terisolir. Jauh dari keramaian, dan tidak ada fasilitas seperti yang biasa Anda temukan di tempat wisata. Namun begitu Anda memasuki tempat ini, Anda akan menemukan kedamaian yang sulit didapat dari tempat lain.

Gili Tangkong adalah pulau yang masih perawan. Pulau ini belum menjadi tujuan wisata utama sehingga terasa sunyi karena belum ada yang menghuninya. Tidak ada jejak kaki di pinggir pantai, tidak ada sampah plastik atau kaleng, tetapi hanya sedikit sampah yang terangkut ombak dari pulau terdekat.

Tapi, Anda bisa melakukan banyak aktivitas di sini seperti jalan-jalan, berkeliling gili, snorkeling bahkan diving untuk menikmati pemandangan bawah laut Gili Tangkong. Pengunjung baik local maupun mancanegara yang datang biasanya membawa perbekalan dan perlengkapan untuk camping di pulau.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini