Lagi PPKM Mikro, Masih Bisakah Berwisata di Kota Tua?

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 549 2358762 lagi-ppkm-mikro-masih-bisakah-berwisata-di-kota-tua-V2SD0yLIL2.jpg Area Kota Tua Jakarta lengang. (Foto: Violetta/Okezone)

KOTA Tua Jakarta kini mulai bebas kendaraan sehingga wisatawan bebas berwisata dengan jalan kaki maupun bersepeda. Namun di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro suasana Kota Tua cenderung lengang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam akun Instagramnya mengunggah pelarangan kendaraan bermotor melintas di Kota Tua, Jakarta pada Senin, 8 Januari 2021. Hal ini dikarenakan Pemprov DKI Jakarta menerapkan kebijakan Low Emission Zone (LEZ) atau Kawasan Rendah Emisi.

Ya, mulai hari ini area Kota Tua hanya boleh dilintasi traveler pejalan kaki, pesepeda, angkutan umum, dan kendaraan berstiker khusus yang beroperasi di dalam kawasan. Penerapannya berlaku 24 jam.

Baca Juga: Bebas Kendaraan, Kota Tua Jakarta Jadi Pusat Sejarah dan Budaya Terpadu

 kota tua

Berdasarkan pantauan Okezone, kawasan bersejarah itu sepi tanpa pengunjung. Hanya ada beberapa petugas dari Dinas Perhubungan dan personel TNI yang berjaga.

Kawasan Kota Tua khususnya area Museum Fatahillah ditutup untuk menghindari kerumunan massa di masa pandemi Covid-19. Museum yang ada di area Fatahillah seperti Museum Wayang dan Museum Sejarah Jakarta juga tutup.

Sepinya pengunjung membuat kafe-kafe yang ada di Kawasan ini Sebagian menutup usahanya. Selain karena mematuhi aturan PSBB, mereka juga tutup karena alasan minimnya pengunjung.

Namun apakah masih bisa berwisata di Kota Tua? Tentu saja masih bisa. Pengunjung bisa pergi ke Kawasan yang berada di luar area Museum Fatahillah seperti Toko Merah, dan kanal jembatan.

Tentunya Anda harus menerapkan protokol kesehatan. Di Kota Tua juga telah menyediakan tempat cuci tangan yang telah tersebar di seluruh area.


Karena sepi, membuat kawasan ini cocok untuk berfoto ria. Arsitektur bangunan Kota Tua yang mempesona dan suasana tempo dulu yang estetik cocok untuk mempercantik feeds Instagram anda.

Selain berfoto, Anda bisa juga menyewa sepeda warna warni untuk berkeliling kota. Bagi Anda yang membawa kendaraan dan bingung mau parkir di mana. Di sana tersedia tempat parkir khusus bagi kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Iya ada (tempat parkirnya). Biasanya di situ ramai banyak mobil, motor yang parkir cuma sekarang sepi karena PSBB jadi nggak ada yang parkir,” kata Subur, salah satu petugas keamanan kawasan wisata Kota Tua kepada Okezone pada Senin 8 Februari 2021.

kotu

Baca Juga: 4 Toko Es Krim Lawas, Salah Satunya Favorit Presiden Soekarno

Saat malam hari biasanya dulu sebelum PSBB masih terdapat banyak penjual dan pedagang hingga anak muda yang nongkrong di sekitar Kawasan Kota Tua. Namun karena adanya PSBB, keramaian tidak terlihat lagi.

“Sekarang mulai pukul 18.00 lampu-lampu di sini sudah pada dimatiin jadi enggak akan ada yang nongkrong. Kalau ada pasti langsung ditertibin,” tambah Subur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini