Warga India Dilarang Bepergian ke Arab Saudi dan Kuwait Lewat UEA

Salsabila Jihan, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 406 2359076 warga-india-dilarang-bepergian-ke-arab-saudi-dan-kuwait-lewat-uea-sZ2lvUkL7w.jpg Bandara International Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (Foto Arabian Business)

KEDUTAAN Besar India di Abu Dhabi mengimbau warga India tidak bepergian ke Arab Saudi dan Kuwait melalui Uni Emirat Arab (UEA). Hal itu karena adanya pembatasan masuk warga asing yang diberlakukan UEA karena meningkatnya kasus Covid-19.

Penguman disampaikan Kedubes India melalui akun Twitter resminya @IndembAbuDhabi, pada Senin 8 Februari 2021.

Baca juga:  Masih Pandemi, Dubai Siapkan Ayunan Raksasa Terbesar di Dunia

Warga India tidak diizinkan transit melalui Dubai dan Abu Dhabi untuk ke Arab Saudi dan Kuwait.

Melansir Khaleej Times, Selasa (9/2/2021), semua pelancong India yang masih ada di UEA, disarankan untuk mempertimbangkan kepulangan mereka ke India dan kembali membuat rencana perjalanan lebih lanjut sampai pembatasan di negara tujuan akhir dicabut.

Menurut seorang pejabat Konsulat India di Dubai, sejak Desember 2020, setidaknya ada 600 orang India yang ingin melakukan perjalanan ke Arab Saudi dan terdampar di UEA.

Baca juga:  Hanya Mereka yang Sudah Suntik Vaksin Covid Bisa Naik Cruise

"Karena protokol perjalanan internasional yang berkembang pesat, pernyataan tersebut sangat menyarankan semua pelancong untuk menghindari bepergian ke Arab Saudi dan Kuwait menggunakan rute transit untuk menghindari ketidaknyamanan perjalanan mereka karena tertahan di UEA," kata pejabat tersebut.

Sebelumnya, para penumpang ini diberikan pengaturan perjalanan khusus oleh penasihat dengan bantuan dari Pusat Kebudayaan Muslim Kerala (KMCC) dan organisasi sosial lainnya. Pejabat itu mengatakan fasilitas seperti itu tidak akan tersedia lagi.

"Semua warga negara India disarankan untuk mengecek protokol perjalanan terkait Covid-19 terbaru dari negara tujuan akhir mereka sebelum memulai perjalanan selanjutnya dari India."

"Mereka juga disarankan untuk membawa bekal pribadi yang cukup dan keuangan untuk memenuhi persyaratan darurat apapun," tambahnya.

Sementara itu, Arab Saui sudah melarang warga dari 20 negara masuk ke wilayahnya, untuk mencegah penularan virus corona. Ke 20 negara itu adalah Indonesia, India, Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Irlandia, dan Italia.

Selanjutnya Pakistan, Brazil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, Lebanon, Mesir, dan Jepang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini