Bhawana Kanth, Pilot Pesawat Tempur Cantik Sungguh Mencuri Perhatian

Dinny Ayu Anggarda Paramitha, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 406 2359435 bhawana-kanth-pilot-pesawat-tempur-cantik-sungguh-mencuri-perhatian-IBk7y1aRAW.jpg Pilot pesawat tempur India. (Foto: Indiatimes)

BHAWANA Kanth, satu di antara tiga pilot pesawat tempur wanita pertama Angkatan Udara India (IAF). Ia juga menjadi bagian dari Hari Republik India 2021.

Dilansir Indiatimes, Bhawana Kanth, menjadi seorang pilot cantik pesawat tempur pertama kali yang menjadi bagian dari parade tersebut.

Dia akan menjadi bagian dari tablo yang akan memamerkan mock-up pesawat tempur ringan, helikopter tempur ringan, dan pesawat tempur Sukhoi-30, menurut sebuah laporan oleh Hindustan Times.

“Sejak kecil, saya selalu menonton parade Hari Republik di televisi dan merupakan suatu kebanggaan bahwa sekarang saya berpartisipasi di dalamnya. Saya ingin sekali menerbangkan jet tempur lain, termasuk Rafale dan Sukhoi," katanya kepada India Today.

Baca Juga: Kenalin Athira Farina, Pilot Cantik Calon Jodoh El Rumi

Pesawat tempur Rafale, pesawat tempur multi-peran terbaru yang diakuisisi oleh Angkatan Udara India, akan ditampilkan dalam parade Hari Republik India 2021 dan menjadi bagian dari flypast di puncak parade. Beberapa formasi baru juga akan terlihat untuk pertama kalinya.

Juru Bicara IAF Komandan Sayap Indranil Nandi mengatakan kepada kantor berita ANI bahwa total 42 pesawat terlihat di flypast. Termasuk 15 pesawat tempur, lima pesawat angkut dan satu pesawat vintage. Juga dengan helikopter dari IAF dan Angkatan Darat India menjadi bagian dari flypast.

Perlu diketahui, menurut data resmi Kementerian Pertahanan, hanya 10 pilot pesawat tempur dari 1.875 perwira wanita di IAF. Pada 2015 pelantikan perempuan sebagai pilot pesawat tempur baru disetujui oleh kementerian.

Lalu wanita perintis seperti Bhawana Kanth, Avani Chaturvedi, Mohana Singh, dan wanita lain di Angkatan Udara telah membuktikan bahwa wanita mampu menerbangkan jet tempur seefisien rekan prianya.

Anda juga perlu tahu siapa sosok Bhawana Kanth yang menjadi pilot pesawat tempur wanita pertama yang mengikuti parade Hari Republik. Berikut ulasannya dilansir Okezone dari Yourstory.

1. Pada Hari Republik ke-72, letnan penerbangan Bhawana Kanth akan mengukir sejarah sebagai pilot pesawat tempur wanita pertama yang bergabung dalam parade Hari Republik.

2. Diposting di pangkalan udara Rajasthan, pria berusia 28 tahun itu ditugaskan di pesawat tempur MiG-21 Bison.

3. Presiden Ram Nath Kovind memberikan penghormatan kepada Bhawana dengan Nari Shakti Puraskar pada 9 Maret 2020.

4. Pada tahun 2016, Bhawana, bersama dengan Avani Chaturvedi dan Mohana Singh menjadi wanita pertama yang dilantik ke Angkatan Udara India sebagai pilot pesawat tempur.

Baca Juga: Inspiratif, Gadis Cantik Berhijab Ini Jadi Calon Pilot di Amerika

5. Dia menyelesaikan silabus Day Operational untuk menjalankan misi tempur di pesawat MiG-21 Bison pada tahun 2019.

6. Saat berinteraksi dengan PM Narendra Modi, Bhawana menceritakan bagaimana sebagai seorang anak, dia selalu ingin menjadi pilot tetapi tidak menyadari bahwa wanita tidak diperbolehkan pada saat itu sampai nanti, karena dia adalah bagian dari keluarga sipil.

7. Berasal dari Darbhanga di Bihar, Bhawana dibesarkan dalam keluarga kelas menengah. Ayahnya Tej Narayan Kanth bekerja sebagai insinyur listrik di Indian Oil Corporation dan ibunya Radha Kanth adalah seorang ibu rumah tangga.

8. Bhawana tumbuh dengan kecintaan pada olahraga seperti kho kho, bulu tangkis, renang, dan melukis.

9. Sebelum bergabung dengan angkatan bersenjata, Bhawana yang lulus dari BMS College of Engineering, Bengaluru pada tahun 2014, bekerja di Tata Consultancy Services.

10. Menurut The Indian Express, Bhawana mendapatkan inspirasi dari tetangganya Manas Bihari Verma, seorang ilmuwan penerbangan yang membantu mengembangkan pesawat tempur ringan Tejas, yang akan dipamerkan pada parade Hari Republik India.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini