Aktivitas Seru Bisa Dilakukan di Gili Tangkong, Pulau yang Viral karena Dijual Online

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 549 2358933 aktivitas-seru-bisa-dilakukan-di-gili-tangkong-pulau-yang-viral-karena-dijual-online-bCisp4a2Gm.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@wanderingherb)

GILI Tangkong di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) ramai diisukan dijual melalui situs private island online ke investor dalam perusahaan maupun pribadi. Kabar ini jelas membuat heboh hingga orang penasaran seperti apa sebenarnya pulau kecil nan eksotis di Lombok Barat itu.

Gili Tangkong bisa disebut sebagai satu-satunya gili di Lombok yang masih 'perawan'. Pulau kecil satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan tempat sepi, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kesibukan perkotaan.

Anda akan merasakan kedamaian dan suasana syahdu yang sulit didapatkan di tempat-tempat lain manakala sudah tiba di Gili Tangkong.

Tak heran jika Gili Tangkong disebut sebagai 'Secret Island' yang dimiliki Lombok. Lantas hal apa saja yang bisa Anda lakukan ketika berlibur ke pulau ini? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

1. Menikmati pantai cantik berair jernih

Selain tidak berpenghuni, pulau ini memang jarang dikunjungi oleh siapapun. Tak ada sampah plastik atau kaleng, bekas tempat minum, bahkan jejak kaki di pantai 'perawan' Gili Tangkong ini. Hal tersebut karena sarana transportasi menuju Gili Tangkong masih sangat jarang.

Baca juga: Nah Lho! Sebagian Lahan Gili Tangkong Ternyata Dikelola Investor Singapura

Mengutip dari laman lombokindonesia.org, angkutan umum dari Kota Mataram hanya sampai Pelabuhan Lembar saja, itupun sangat jarang. Sehingga Anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai Pelabuhan Lembar. Anda bisa menempuh rute Mataram-Dasan Cermen-Rumak-Gerung-Lembar, dengan jarak sekitar 25 kilometer.

Gili Tangkong di Lombok Barat, NTB

(Foto: Instagram/@herkiandi)

Kemudian Anda bisa menyeberang ke Gili Tangkong dari Pelabuhan Barang, yang berlokasi sekira 500 meter sebelah timur Pelabuhan Lembar. Anda dapat menyewa perahu berkapasitas 6 orang untuk menyeberang, dengan harga sekitar Rp400.000 untuk perjalanan pulang-pergi.

Sesampainya di pulau ini, Anda akan dimanjakan oleh pasir putih dan air laut yang jernih menyejukkan mata. Bersihnya pulau ini semakin menegaskan bahwa Gili Tangkong memang sangat jarang terjamah manusia, sehingga sangat ideal sebagai destinasi untuk melepas penat dan mencari ketenangan.

Baca juga: Selain Gili Tangkong, 7 Pulau Ini Juga Dijual di Situs Online

2. Camping dan snorkeling

Pulau yang sepi tak berpenghuni menjadikan pulau ini spot ideal untuk camping bersama keluarga dan teman-teman.

Namun tentu saja Anda harus membawa peralatan sendiri. Tenda dan peralatan camping, hingga makanan jangan lupa dibawa jika hendak bermalam di pulau ini. Jangan lupa menyalakan api karena udara akan sangat dingin di malam hari.

Layaknya pantai-pantai indah lainnya di Lombok, pesona Gili Tangkong tak perlu diragukan. Laut biru sebening kristal akan memanjakan mata belum lagi panorama bawah lautnya yang dapat dilihat dari atas.

Tak cukup hanya melihat dari kapal, Anda bisa melakukan snorkeling bahkan diving di Gili Tangkong. Terumbu karang di perairan sekitar Gili Tangkong masih subur dan sehat. Tentu saja dengan berbagai penghuni lautnya yang tak kalah cantik. Seperti Clown Fish, Tiger Fish, dan lain sebagainya.

Jika ingin lebih nyaman bersnorkeling, sebaiknya membawa peralatan sendiri. Namun Anda juga bisa menyewa di tempat penyewaan peralatan snorkeling meliputi jaket pelampung Rp25.000 per unit dan peralatan snorkeling Rp50.000 per set di Pelabuhan Mawun.

3. Jelajah destinasi sekitar

Jika Anda bertolak dari Pelabuhan Lembar, Anda bisa meminta awak kapal untuk singgah ke sejumlah destinasi di sana, seperti Gili Sundak, Gua Landak, Gili Kedis, dan makam keramat untuk sekadar melihat-lihat maupun berfoto ria.

Objek wisata ini dilewati saat menyeberang menuju Gili Tangkong. Namun akses menuju lokasi memang masih jarang karena lokasi ini tidak banyak diakses orang.

Di sekitar Gili Tangkong juga terdapat sebuah makam keramat yang konon milik ulama penyebar Islam yang terletak di tengah laut. Makam ini berbentuk kubah yang berkaki dan dibangun dengan teknik tertentu. Sehingga jika air pasang, makam ini tidak ikut tenggelam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini