Cerita Wagub Sumbar Terkesan oleh Benda Kuno Peninggalan Kerajaan Siak

Antara, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 01:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 406 2359927 cerita-wagub-sumbar-terkesan-oleh-benda-kuno-peninggalan-kerajaan-siak-Hkmc3uB8Ob.JPG Istana Kerajaan Siak, Riau (Foto: Instagram/@muhammad_juharman28)

WAKIL Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit mengaku terkesan dengan berbagai koleksi benda kuno bersejarah saat mengunjungi komplek wisata Kerajaan Siak di Kabupaten Siak, Riau.

Gubernur Sumbar didampingi Bupati Siak, Alfedri dalam kunjungannya ke Siak singgah ke Rumah Dinas Bupati, kompleks Perumahan Abdi Praja Siak Sri Indrapura dan melihat Istana Aserayah Al Hasyimiah serta ziarah ke makam Sultan Syarif Kasim II yang merupakan pahlawan nasional.

Baca juga: Sederet Mitos Alas Purwo, Kerajaan Jin hingga Tempat Semedi Bung Karno

Wagub Nasrul Abit mengaku sangat terkesan dengan koleksi barang kuno yang tersusun rapi di tempatnya.

Menurutnya, tidak banyak kerajaan di Indonesia yang menyisakan koleksi benda bersejarah cukup lengkap seperti yang dijumpai di Siak.

"Kerajaan Siak salah satu yang masih mempunyai koleksi berbagai benda kuno dan berbagai perlengkapan kerajaan yang layak untuk diamati bagi penikmat wisata budaya dan sejarah," katanya.

Ia mengatakan hal itu menjadi motivasi bagi dirinya sehingga nanti di rumah adat di Sumatra Barat juga dilengkapi dengan peninggalan-peninggalan kuno beserta dengan cerita sejarahnya.

"Hal baik ini tentu akan kami tiru ya, sehingga nanti di rumah adat Minang diisi dengan barang-barang peninggalan sejarah maupun benda kuno berikut dengan kisah sejarahnya. Tidak hanya untuk di tingkat provinsi saja, namun di setiap rumah adat kabupaten/kota di Sumbar," katanya.

Ia mengatakan, masing-masing daerah di Sumatra Barat mempunyai sejarah dan peninggalan yang berbeda-beda.

"Supaya setiap orang datang bisa mengenal sejarah dari kabupaten kota atau kerajaan di masing-masing yang ada di Tanah Minang," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini