Tempat Wisata Hits di Samarinda, Air Terjun Tanah Merah hingga Kampung Tenun

Salsabila Jihan, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 408 2359761 tempat-wisata-hits-di-samarinda-air-terjun-tanah-merah-hingga-kampung-tenun-nSh5eAMpTc.JPG Desa Budaya Pampang di Samarinda, Kaltim (Foto: Instagram/@riduanto_sembiring)

SAMARINDA sebagai kota berkembang di Provinsi Kalimantan Timur memiliki sejumlah potensi wisata yang luar biasa. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi apalagi menyambut hari libur panjang tahun baru Imlek mendatang.

Kota ini memiliki sejumlah tempat wisata yang cukup unik dan menarik. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan budaya hingga wisata religi. Berikut ini telah Okezone rangkum beberapa tempat wisata yang ada di Samarinda.

1. Desa Budaya Pampang

Desa Pampang ini merupakan situs budaya Kalimantan Timur yang menjadi tempat tinggal Suku Dayak Kenyah setelah bermigrasi pada tahun 1970-an dari wilayah perbatasan Malaysia, yang merupakan tempat asli mereka.

Di desa ini wisatawan bisa menikmati tarian tradisional khas Suku Dayak, rumah adat khas Suku Dayak yang disebut Lamin Adat Pamung Tawai, upacara adat, dan kehidupan sehari-hari masyarakat desa.

Baca juga: Miris! Koala di New South Wales Australia Terancam Punah 2050

Selain itu, Desa Pampang ini juga masih ditinggali oleh penduduk-penduduk asli setempat yang bertelinga panjang.

Desa ini diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Timur, HM Ardans pada Juni 1991 dan dicanangkan sebagai desa budaya. Desa yang menjadi objek wisata andalan Samarinda ini berlokasi di Sungai Siring, lebih tepatnya ada di Jalan Wisata Budaya Pampang, Kelurahan Budaya Pampang, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda.

2. Air Terjun Tanah Merah

Air terjun yang berada di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara atau sekitar 14 km dari pusat Kota Samarinda ini memiliki keunikan tersendiri.

Tepatnya di Jalan Muara Badak, Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda.

Air Terjun Tanah Merah

(Foto: Instagram/@kiwing_ar22)

Ya, air terjun yang memiliki tinggi 15 meter ini bila dilihat, tidak ada yang salah dengan aliran airnya, tetap akan terlihat jernih dan bersih. Namun ketika air tersebut mengalir ke hilir di bawahnya, warna air akan berubah menjadi keruh.

Rupanya hal itu disebabkan karena dasar tanah hilir yang berjenis gambut. Tentu saja hal tersebut tidak mempengaruhi aktivitas wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Tanah Merah itu. Bahkan di sini para wisatawan bisa dengan puas bermain air atau hanya sekadar duduk-duduk santai di atas gazebo yang telah disediakan oleh pengelola.

3. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid yang dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada 2008 ini menjadi salah satu wisata religi yang paling banyak dikunjungi di Samarinda.

Gaya arsitektur kubah masjid ini terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki, sedangkan untuk kemegahan menara utama masjid ini terinspirasi oleh kemegahan masjid Nabawi Madinah.

Masjid Islamic Center Samarinda

(Foto: Instagram/@nahdlatien)

Masjid ini juga memiliki menara setinggi 99 meter yang melambangkan Asmaul Husna, 6 menara pendek sebagai lambang rukun iman, dan 33 buah anak tangga yang melambangkan jumlah butiran tasbih.

Masjid Islamic Center Samarinda ini berada di Jalan Slamet Riyadi Nomor 1, Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

4. Kampung Tenun Samarinda

Kain tenun dengan corak kotak-kotak yang menawan merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Kota Samarinda.

Kampung tenun sendiri merupakan destinasi wisata sekaligus tempat untuk membeli oleh-oleh yang paling populer di sini. Terdapat berbagai jenis tenun yang telah dibuat oleh warga setempat.

Kampung Tenun Samarinda

(Foto: Instagram/@verakebaya)

Di kampung ini, cara pembuatan kain tenunnya pun masih dilakukan secara tradisional menggunakan sebuah alat yang disebut gedokan. Para pengunjungnya pun bisa melihat proses pembuatan kain tenun secara langsung.

Ada dua kampung yang menjadi pusat kerajinan kain ini, yaitu Kampung Baqa dan Kampung Masjid. Tepatnya berada di Gang Pertenunan, Jalan HOS Tjokro Aminoto, Rapak Dalam, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

5. Pulau Beras Basah

Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata di Samarinda yang menawarkan panorama alam bawah laut yang indah sangat cocok untuk para pecinta snorkeling. Apalagi di dasar lautnya terdapat barisan terumbu karang yang menggoda ditambah aneka biota laut warna-warni yang menggemaskan.

Pulau Beras Basah

(Foto: Instagram/@fikri19ani)

Pulau yang terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur ini bisa dicapai dengan waktu sekitar tiga jam. Meski cukup memakan waktu, pemandangan yang disajikan di sepanjang perjalanan cukup memanjakan mata.

Ditambah, pulau ini memiliki air laut yang jernih, ombak yang tenang, dan pasir putih yang lembut. Selain snorkeling, wisatawan juga bisa mencoba untuk bermain banana boat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini