Salut! Bule Cantik Ini Ikut Bersihkan Sampah Sisa Banjir di Kuta Mandalika

Antara, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 406 2360703 salut-bule-cantik-ini-ikut-bersihkan-sampah-sisa-banjir-di-kuta-mandalika-UlsUbgYRLB.JPG Stephany, perempuan bule yang ikut bersihkan sampah sisa banjir di Kuta Mandalika, Lombok (Foto: Antara)

DINAS Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) bersama Pemda Kabupaten Lombok Tengah, TNI-Polri dan pelaku wisata, menggelar kegiatan bersih-bersih sampah di Kuta Mandalika dan kawasan penyangga KEK Mandalika, Lombok Tengah pascabanjir yang menerjang wilayah itu.

"Ini bagian upaya kita bersama dalam me-recovery Kuta Mandalika pasca-banjir yang lalu. Kita bersinergi dengan Pemda Lombok Tengah, TNI-Polri, dan pelaku wisata serta masyarakat untuk membersihkan sampah dan lumpur sisa banjir," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Lalu Moh Faozal.

Aksi bersih-bersih menyasar empat zona yang sempat terdampak banjir beberapa pekan lalu, ini melibatkan ratusan orang, termasuk pelaku wisata dan masyarakat setempat. Sampah-sampah yang berserakan di sepanjang jalan menuju Pantai Kuta Mandalika dibersihkan.

Baca juga: Event MotoGP Mandalika Jadi Unggulan Kalender Pariwisata NTB 2021

Anggota TNI-Polri, para ASN Pemda Lombok Tengah bersama masyarakat nampak antusias dalam kegiatan. Faozal berharap aksi bersih-bersih yang dilakukan tersebut, mampu memberikan contoh dan mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan. Terutama di desa-desa yang menjadi penyangga KEK Mandalika.

Dalam kegiatan tersebut, jajaran Mandalika Hotel Assotiation (MHA) juga terlibat aktif mengirimkan karyawannya dalam kegiatan bersih-bersih.

"Kami dari MHA sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Ini merupakan langkah nyata kolaborasi Dispar NTB, Pemda Loteng, TNI-Polri, pelaku wisata dan masyarakat untuk me-recovery kawasan wisata ini pascabanjir lalu," kata Ketua MHA, Samsul Bahri.

Ia menjelaskan, kegiatan bersih-bersih dibagi dalam empat zona. MHA sendiri berkegiatan di zona 3, dari perempatan Kuta hingga Masjid Nurul Bilad, KEK Mandalika.

"Semua wilayah terdampak dibersihkan, termasuk di pemukiman warga. Ya sisa banjir masih banyak sampah plastik, potongan ranting pohon, dan lumpur sisa banjir, itu yang dibersihkan bersama-sama," kata Samsul.

Menariknya, dalam kegiatan bersih-bersih tersebut, sejumlah warga negara asing yang tergabung dalam komunitas Plastic Free, ikut terjun dalam kegiatan bersih-bersih.

Salah seorang anggota komunitas, Stephany mengaku gembira bisa ikut membersihkan destinasi wisata di Kuta Mandalika.

"Ini semangat yang bagus. Kepedulian bersama untuk kebersihan ini sangat bagus, terutama untuk mengurangi sampah plastik," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini