Inilah Maskapai Penerbangan Pertama yang Seluruh Awak Kabinnya Sudah Divaksin Covid-19

Salsabila Jihan, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 406 2360713 inilah-maskapai-penerbangan-pertama-yang-seluruh-awak-kabinnya-sudah-divaksin-covid-19-6xskB11ss6.JPG Pramugari Etihad Airways diklaim telah menerima vaksin Covid-19 (Foto: Instagram/@etihad)

SEBUAH maskapai penerbangan terkemuka di Uni Emirat Arab (UEA) mengklaim bahwa mereka adalah maskapai pertama di dunia yang seluruh awak kabinnya, mulai dari pilot hingga kru kabin (pramugari/pramugara) telah divaksin Covid-19.

Adalah Etihad Airways, yang mengklaim dirinya sebagai maskapai penerbangan pertama di dunia yang seluruh awak kabinnya telah disuntik vaksin demi membantu menekan penyebaran virus corona alias Covid-19 sekaligus memberi ketenangan bagi penumpang yang bepergian dengan maskapai itu.

Maskapai yang bermarkas di Abu Dhabi ini menyatakan dalam siaran pers yang dikeluarkan pada Rabu lalu bahwa 100 persen pilot dan awak kabin yang bertugas telah divaksinasi.

Baca juga: 2 Maskapai Uni Emirat Arab Terapkan Travel Pass, Ini Fungsinya

"Kami secara proaktif memberikan vaksin kepada semua karyawan kami bukan hanya untuk membantu memerangi dampak dari Covid-19, tetapi juga agar pelancong merasa tenang dan yakin saat terbang bersama kami di lain waktu," ungkap CEO Etihad Aviation Group, Tony Douglas dalam sebuah pernyataan, menyitir laman Fox News.

Etihad Airways

(Foto: Instagram/@etihad)

"Kami adalah satu-satunya maskapai penerbangan di dunia yang mewajibkan tes Covid-19 untuk setiap penumpang dan anggota kru sebelum penerbangan dan saat ini kami adalah maskapai penerbangan pertama di dunia yang semua krunya telah divaksinasi," tambahnya.

Douglas juga mencatat bahwa ia memilih divaksin sejak awal untuk menunjukkan dukungannya terhadap program vaksinasi nasional UEA dan mendorong karyawan Etihad lainnya yang memenuhi syarat untuk turut menerima vaksin.

Tak hanya petinggi di Etihad Airways saja yang mendorong kru kabin untuk menerima vaksinasi, tetapi maskapai ini juga menjadi klinik vaksinasi Covid-19 untuk mendukung staf dan tanggungan mereka. Hal itu dikatakan dr. Nadia Bastaki selaku Wakil Pesiden Layanan Medis dan Tanggung Jawab Sosial Etihad Aviation Group.

"Sejak Desember 2020, kami telah memberikan janji vaksinasi internal kepada karyawan kami dan orang yang mereka cintai untuk memastikan bahwa kami fokus terhadap kesejahteraan karyawan kami," kata Bastaki.

Menurut laporan Reuters, Uni Emirat Arab akan memvaksinasi setengah dari populasinya sebelum akhir Maret 2021.

Pada akhir Januari lalu, menurut catatan kesehatan, negara kaya minyak itu telah mengirimkan vaksin kepada lebih dari 20 persen penduduknya. Menurut portal resmi Pemerintah UEA, pada 2014 lalu, negara tersebut memiliki populasi hampir sembilan juta jiwa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini