KA Prameks Berhenti Beroperasi, Netizen: Sedih Ya

Salsabila Jihan, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 406 2361002 ka-prameks-berhenti-beroperasi-netizen-sedih-ya-8KvfGp3laF.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

SETELAH 27 tahun beroperasi melayani penumpang di lintas Solo-Yogyakarta PP, Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres atau lebih dikenal dengan nama Prameks resmi dipensiunkan. Perjalanan tersebut akan digantikan dengan Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Yogyakarta PP.

Sebuah video unggahan salah satu pengguna TikTok Suryo Mulyo dalam akunnya @alras membagikan momen haru perjalanan terakhir KA Prameks dari Stasiun Solo.

Dalam videonya juga terlihat sejumlah petugas berdiri berjajar di peron memberikan penghormatan terakhir kepada KA Prameks yang telah resmi berhenti beroperasi pada Rabu, 9 Februari 2021.

"Sedih ya, setelah 27 tahun beroperasi mengantar perjalanan kita dari Solo-Jogja dan akan diganti dengan KRL Solo-Jogja," tulis @alras13 dalam videonya.

Baca Juga: Salut! Bule Cantik Ini Ikut Bersihkan Sampah Sisa Banjir di Kuta Mandalika

Para petugas tampak menundukkan kepala dan meletakkan tangan di dada saat kereta tersebut mulai berjalan dan meninggalkan stasiun.

Setelah KA Prameks berjalan menjauhi stasiun, para petugas memberikan salam selamat tinggal dengan melambaikan tangan dan ada pula yang memberi hormat kepada kereta legendaris tersebut.

Video yang menunjukan momen singkat yang penuh haru itupun juga mengundang segelintir pengguna TikTok untuk berbagi pengalaman mereka dengan KA Prameks.

"Tiap pulang ke Klaten trus mau main ke Jogja pati diriku memilih menggunakan jasamu. Terima kasih, Prameks. Beristirahatlah," tulis @fajarbaktio.

"Terima kasih Prameks, menemaniku 4 tahun PP Jogja Solo menempuh pendidikan S1. Bsk Maret aku sidang, jasamu tak tergantikan Prameks," tulis akun @nisfatya.

"Kakak gw kmrn abis dari Solo naik Prameks dapet souvenir, katanya jadi penumpang terakhir malam itu sebelum Prameks diganti KRL. Jujur sedih🙁," komentar akun @chwygumy.

Melansir Antara, Kereta Rel Diesel (KRD) Prambanan Ekspres (Prameks) akan tetap ada, namun mulai 10 Februari 2021 relasinya berubah dari Solo-Yogyakarta PP menjadi Kutoarjo-Yogyakarta PP.

KRL lintas Yogyakarta-Solo PP yang menggantikan perjalan Prameks ini akan melayani naik dan turun para pengguna di 11 stasiun, yaitu Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solo Balapan yang tiap harinya akan ada 20 perjalanan yang beroperasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini