Jalan-Jalan ke Pantai Sanur, Sandiaga Uno Dicurhati Pekerja Hotel Terdampak Pandemi

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2021 07:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 406 2361282 jalan-jalan-ke-pantai-sanur-sandiaga-uno-dicurhati-pekerja-hotel-terdampak-pandemi-IkD1Fsax9k.JPG Menparekraf Sandiaga Uno berbincang dengan pekerja hotel terdampak pandemi Covid-19 (Foto: Twitter/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pantai Sanur di sela kunjungan kerjanya ke Bali.

Saat menyusuri tepian Pantai Sanur, ia menemukan seorang penjala ikan bernama Bli Anom. Sandi kemudian menyapa pria tersebut yang sedang sibuk menjala ikan.

"Berjalan menelusuri Pantai Sanur, bertemu dengan Bli Anom yang terlihat sedang mencari ikan-ikan kecil di pinggir pantai," kata Sandi mengutip akun Twitter-nya, @sandiuno, yang dicuit pada Jumat, 12 Februari 2021.

Setelah berbincang dengan pria itu barulah diketahui jika Bli Anom rupanya karyawan hotel yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Marak Hotel Dijual, Sandiaga Uno Siapkan Recovery Fund

"Sepi sekarang Sanur. (Pandemi Covid-19) Biar cepat berlalu, saya juga stres ini mikirin uang," kata Bli Anom di hadapan Sandi.

Sandi pun membenarkan bahwa kondisi perhotelan di Bali, khususnya Sanur masih sepi imbas pandemi corona yang juga belum kunjung mereda.

"Ia (Bli Anom) adalah seorang pekerja di sebuah hotel di kawasan Sanur yang terkena dampak pandemi. Sangat sepi sekarang ini," ujarnya.

Berkaca dari pengalaman Bli Anom, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap segera ada solusi bagi mereka yang terdampak pandemi, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tujuannya jelas, agar roda ekonomi di Pulau Dewata kembali berputar seperti sedia kala.

"Orang-orang seperti Bli Anom ini yang harus kita selamatkan lapangan kerjanya. Jangan sampai di tengah beban biaya hidup yang semakin meningkat, masyarakat harus kehilangan mata pencahariannya," tandas Sandi.

Sebelumnya, Sandiaga Uno turut menyikapi fenomena hotel yang marak menjual propertinya karena terdampak pandemi Covid-19. Guna mencegah terjadinya hal itu, Sandiaga mewacanakan adanya dana pemulihan atau recovery fund.

"Saya sudah bicara dengan Ketum Kadin. Apakah kita bisa recovery fund. Jadi semacam dana untuk kita bisa pulih," kata Sandi di Denpasar kemarin.

Menurutnya, program recovery fund ini masih dalam tahap pembicaraan. Semangat dasarnya adalah semata-mata menghadirkan satu solusi bagi properti-properti yang sekarang dalam kondisi tingkat kesulitan luar biasa karena likuiditas.

Jika saja terealisasi, dana pemulihan itu rencananya dikelola Kemenparekraf bersama BUMN. "Pendapatan mereka saat ini hanya dua persen jadi tidak cukup untuk operasional," sebutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini