Jenis-Jenis Cokelat saat Perayaan Valentine di Jepang

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 406 2361893 jenis-jenis-cokelat-saat-perayaan-valentine-di-jepang-OGjpcsQNzI.jpg ilustrasi (stutterstock)

SAAT perayaan Hari Valentine di Jepang, wanita tidak hanya memberikan cokelat kepada pria yang mereka sukai, tetapi juga diberikan ke anggota keluarga pria, dan bahkan rekan kerjanya.

Namun, tidak semua coklat dianggap sama, dan jenis coklat yang diberikan tergantung dari hubungannya.

Bahasa Jepang memiliki kata yang berbeda untuk menggambarkan jenis coklat Valentine yang diberikan pada Hari Kasih Sayang.

Baca juga: Fakta-Fakta Menarik Sejarah Hari Valentine, Milenial Wajib Tahu!

Berikut tipe-tipe cokelat saat Valentine di Jepang seperti dikutip dari Live Japan dan Kobe Jones.au.

1. Giri Choco

Giri choco dikenal sebagai “cokelat wajib” yang dibagikan kepada rekan kerja, anggota keluarga, dan kenalan. Pemberian Giri Choco tidak mengandung perasaan spesial sang perempuan kepada laki-laki yang diberikan cokelat. Semata-mata cuma sebagai bentuk memperingati hari Valentine saja.

Karena itu, biasanya Giri Choco yang diberikan juga hanya dibeli di toko dan harganya tidak terlalu mahal. Kalau ada banyak teman laki-laki yang ingin diberi cokelat, biasa seorang perempuan membelinya dalam jumlah banyak dengan bentuk yang seragam.

Giri choco telah ada di mana-mana sehingga beberapa perusahaan bahkan melarangnya, mendorong karyawan untuk menyumbang untuk amal dan sebagainya daripada membeli cokelat yang pada dasarnya tidak berarti ini.

 ilustrasi

2. Honmei Choco

Honmei choco dimaksudkan untuk diberikan kepada pasangan romantis, atau seseorang yang memiliki perasaan romantis bagi seorang wanita. Dengan kata lain, honmei choco adalah coklat cinta. Wanita sering kali sangat berhati-hati dalam memilih honmei choco, yang biasanya lebih berkualitas, lebih menarik secara estetika, dan dengan demikian, harganya lebih tinggi.

Baca juga:  Begini Cara Orang Jepang Merayakan Valentine

Banyak wanita di Jepang memilih untuk membuat cokelatnya sendiri. Dengan membuat hadiah sendiri, mereka berharap untuk menunjukkan betapa berharganya orang ini dalam hidup mereka.

Berkat kepopuleran cokelat honmei buatan tangan ini, toko-toko tidak hanya menjual cokelat pada Hari Valentine, tetapi juga banyak bahan untuk membuat cokelat.

3. Tomo Choco

Tidak semua orang merayakan romantisme di Hari Valentine dan White Day. Namun, para lajang tidak perlu putus asa. Selain diberikan kepada orang yang terkasih, wanita Jepang juga sering memberikan coklat kepada teman wanita mereka juga. Ini dikenal sebagai tomo choco. Tomo berarti teman.

Tomo-choco biasanya cukup banyak hiasan, mahal dan dekoratif. Biasanya, wanita Jepang tidak hanya akan memberi hadiah tomo-choco kepada teman-temannya, tetapi mereka juga berkumpul dan memakan cokelat pada saat itu.

Valentine adalah waktu yang tepat bagi para gadis untuk berkumpul dan menikmati momen spesial Hari Valentine mereka sendiri.

4. Gyaku-choco

Gyaku-choco berarti 'coklat terbalik' dan diberikan oleh seorang pria kepada seorang wanita. Karena jaman sekarang sudah wajar bagi pria untuk memberi cokelat pada Hari Valentine. Namun di Jepang, gyaku tidak terlalu umum. Karena biasanya pria akan memberikan cokelat kepada wanita pujaannya pada White Day.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini