6 Pulau Alami Berbentuk Love, Cantik Banget!

Fatha Annisa, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 408 2361848 6-pulau-alami-berbentuk-love-cantik-banget-ZSZzVZalx2.jpg Pulau Tavarua di Fiji (Instagram @tavaruaislandresort)

DUNIA ini terdiri atas lautan dan daratan. Banyak sekali pulau-pulau di permukaan bumi, ada yang berpenghuni, tak sedikit juga kosong dari kehidupan manusia. Bentuk dan luas pulau beraneka ragam. Uniknya di antara pulau-pulau tersebut ada juga yang berbentuk love atau mirip gambar hati.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, kini banyak pulau yang dibuat oleh manusia dengan sistem reklamasi. Misalnya Pulau Palm Jumaerah di Dubai yang dibuat menyerupai pohon palem. Dubai juga punya The World Island, yaitu pulau buatan berbentuk peta dunia berukuran mini.

Baca juga: Valentine's Day, Ini 5 Destinasi Romantis di Indonesia untuk Dinikmati Bersama Pasangan

Sementara itu, pulau yang terbentuk secara alami melalui proses alam biasanya memiliki bentuk tak beraturan. Namun, ada beberapa pulau yang bentuknya menyerupai simbol hati, loh. Kira-kira pulau apa saja, ya? Berikut ulasannya :

1. Pulau Galesnjak, Kroasia

Pulau yang secara administratif berada di kawasan kepulauan Pasman ini dijuluki sebagai The Island of Love atau Lovers Island. Keberadaan pulau berbentuk hati ini telah diketahui sejak zaman Napoleon sekitar tahun 1800-an. Namun baru populer semenjak teknologi semakin maju dan orang-orang dapat melihat bentuk untik pulau ini dari maps digital.

Pulau Galasnjak merupakan salah satu destinasi di Kroasia. Meskipun pulau tak berpenghuni ini tidak memiliki fasilitas pendukung seperti penginapan, kamar bilas, dan sebagainya, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

ilustrasi

Pulau Galesnjak, Kroasia (Instagram @pixelsofcroatia)

Paket liburan yang ditawarakan pelaku pariwisata kebanyakan berupa paket khusus pasangan yang sedang berbulan madu. Mereka akan diajak berkeliling menggunakan kapal yatch dari kota Zadar. Lalu, berenang dan snorkeling di pinggir pantainya. Pengunjung juga ditawarkan untuk berkemah dan menikmati suasana malam di tepi pantai.

2. Heart Reef, Queensland

Heart Reef berlokasi di Great Barrier Reef of the Whitsundays, Queensland, Australia. Pulau ini merupakan gugusan karang yang membentuk simbol hati. Keberadaan pulau karang berdiameter 55 kaki ini pertama kali ditemukan pada 1975 oleh seorang pilot.

ilustrasi

Heart Reef, Queensland, Australia (Instagram @therealemeralddesaxoxo)

Saat ini, Heart Reef dijadikan objek wisata yang pemandangannya hanya bisa dinikmati melalui helikopter, pesawat ringang, maupun pesawat amfibi. Kawasan ini berstatus dilindungi, oleh karenanya pengunjung tidak diizinkan untuk berenang, menyelam, atau bersnorkel.

3. Pulau Kardia, Yunani

Selain punya Santorini yang menjadi surga bagi para pencinta wisata, Yunani juga punya Pulau Kardia dengan bentuknya yang menyerupai simbol hati. Nama Kardia diberikan oleh penduduk sekitar, yang memiliki arti ‘hati’.

Tanahnya yang tandus dan berbatu-batu kecil membuat Pulau Kardia hanya menjadi hunian bagi segelintir manusia saja. Kira-kira penduduknya hanya berjumlah 7 orang.

4. Pulau Pelo, Botswana

Serupa dengan Pulau Kardia, nama pulau Pelo juga diambil dari Bahasa setempat yang berarti Pulau Hati. Pulau ini terletak di sekitar daerah Mombo, di delta Okavango.

Selain bentuknya yang unik, Pulau Pelo punya keindahan alam yang menawan. Berbagai jenis hewan seperti gajah, singa, macan tutul, dan beragam spesies burung menjadikan Pulau Pelo sebagai habitatnya.

Pulau ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin berlibur dengan pemandangan indah dan suasana tenang. Fasilitas penginapan berkonsep eco-friendly sudah dapat ditemukan di Pulau Pelo.

5. Pulau Harbor, Amerika Serikat

Pulau Harbor merupakan pulau kecil di tengah teluk di New Meadows Sagadahoc, Mainde. Pulau ini semula ditempati oleh pria bernama Benjamin Darling Harbor bersama sang istri.

Namun pada 1912, pemerintah setempat mengusir Benjamin karena tidak memiliki bukti kepemilikan tanah. Kini, Pulau Harbor menjadi tempat wisata yang diisi oleh resor dan hotel. Julukan yang dimiliki Pulau Harbor adalah Horse Island.

6. Pulau Tavarua, Fiji

Jika diamati dari ketinggian, Anda akan dibuat takjub karena Pulau Tavarua memiliki bentuk menyerupai lambang cinta dan gradasi warna biru yang begitu indah di kawasan lautnya.

Di pulau seluas 29 hektare ini tersedia 16 cottage yang sangat cocok digunakan untuk berbulan madu. Terdapat pula berbagai olahraga air yang dapat dilakukan di Pulau Tavarua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini