Kutip Filosofi Bugis, Sandiaga Uno Minta Sektor Pariwisata Jauhi Korupsi

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 406 2362314 kutip-filosofi-bugis-sandiaga-uno-minta-sektor-pariwisata-jauhi-korupsi-WYAQ3EzAo4.jpg Menparekraf Wishnutama (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta untuk pencegahan tindakan korupsi untuk mengambil nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Indonesia.

"Saya mengutip kearifan lokal dari Suku Bugis Sulawesi Selatan yang perlu kita resapi. Pertama yaitu Lempu yaitu lurus, jangan mengambil tanaman atau barang yang bukan milikmu," kata dia.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Minimalisir Korupsi & Utamakan Layanan Masyarakat

Kedua Age Tengeng, yaitu keteguhan, semua pejabat berjanji dan bersumpah tidak akan menyalahgunakan wewenang atau tidak korupsi. Ketiga Siri yaitu malu, yakni orang yang merasa telanjang dihinggapi perasaan malu dari melakukan perbuatan jelek baik merugikan diri sendiri dan keluarga.

 sandi

"Ibu kita yang mengandung di rahim dan melahirkan kita pasti akan merasa amat malu jika anaknya melakukan tindakan korupsi. Untuk itu kita perlu melakukan perbuatan baik, yang membanggakan dengan prestasi dan meningkatkan derajat keluarga kita," jelas Sandiaga Uno.

Sandi mencontohkan bahwa sektor pariwisata tak lepas dari pemberian tip kepada para tour guide. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu mengajak untuk melaporkan tip tersebut dan sudah ada panduannya.

"LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara) ini harus kita pastikan submit atau diserahkan untuk tidak ditunda-tunda. Saya akhir Januari atau awal Februari sudah menyerahkan LHKPN secara elektronik. Secara bercanda saya menceritakan ada penurunan signifikan dari laporan sebelumnya tapi ya itu bagian dari perjuangan," kata Sandiaga Uno lewat keterangan tertulisnya.

Sandi meminta agar pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif harus bisa meningkatkan tranparansi, akuntabilitas, pelayanan publik, serta penyederhanaan dalam bentuk reformasi birokrasi untuk melayani masyarakat."Lalu meminimalisir korupsi karena kita ini adalah pelayanan masyarakat," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini