Beli Oleh-Oleh Palembang, Jalan Aja ke Kampung Kemplang

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 301 2363248 beli-oleh-oleh-palembang-jalan-aja-ke-kampung-kemplang-pNaFsbH2Di.jpg Kampung Kemplang. (Foto: Antara)

KEMPLANG, salah satu kuliner khas Palembang yang kerap diburu sebagai oleh-oleh. Nah, saat berkunjung ke Kota Sungai Musi ini jangan lupa mampir ke Kampung Kemplang ya!

Sejak lama, Kampung Kemplang menjadi tujuan wisata yang diperkenalkan oleh pemerintah Palembang. Di sana Anda tak sekadar membeli kemplang, tapi juga bisa melihat cara pembuatannya.

Sebab di kampung ini bukan hanya ramai penjual kemplang, tapi juga menjadi tempat produksi kerupuk rumahan. Jika penasaran, Anda bisa melihat sendiri bagaimana proses pembuatan kerupuk berbahan dasar sagu dan ikan tersebut secara langsung dari pagi hingga sore hari.

Mariam, pedagang kempang menyebutkan, dalam sehari dirinya menjual kemplang untuk wisatawan. Harganya kisaran Rp2 ribu.

"Membuat kemplang di sini juga biasanya tergantung pemesanan. Di sini sudah banyak yang membuat kemplang," katanya.

Baca Juga: Pelesir ke Aceh Barat, Yuk Cicipi Lezatnya Mi Kepiting Bakau Khas Meulaboh

Selain untuk oleh-oleh, kemplang yang banyak dijual di sana juga bisa dibeli untuk dijual kembali atau untuk makanan sehari-hari warga. Harga kemplang di sana terbilang lebih murah daripada kemplang yang dijual di toko-toko distributor.

Kampung ini berada di wilayah Pipa Reja, Kemuning, Palembang, Sumatera Selatan. Jaraknya dari Jembatan Ampera hanya sekira 30 menit berkendara.

 

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini