Nikmatnya Berendam di Curug Cipanas

Natalia Christine, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 408 2362734 nikmatnya-berendam-di-curug-cipanas-R5n87YGO0K.jpg Curug Cipanas di Bandung Barat (Instagram @arisstoteless)

CURUG Cipanas, salah satu destinasi wisata air terjun dengan aliran air panas yang terletak di Jalan Nagrak Tengah, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Air yang mengalir di lokasi ini bersumber dari panas bumi Gunung Tangkuban Perahu.

Air panas di curug ini dimanfaatkan pengunjung untuk berendam sambil memanjakan mata dengan pemandangan perbukitan serta perkebunan yang asri. Berendam dengan air panas diyakini baik untuk kesehatan dan bisa memperlancar sirkulasi darah, selain merilekskan tubuh.

Baca juga: Mengintip Gua Istana Ular, Hunian Aneka Jenis Reptil di NTT

Curug Cipanas dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Jadi bagi wisatawan yang ingin berendam air panas di pagi hari maupun sore hari dapat langsung berkunjung ke tempat ini.

Idealnya waktu untuk berendam air panas yaitu selama 30 sampai 60 menit. Jika terlalu lama akan berdampak negatif pada tubuh, yaitu hilangnya minyak tubuh, kulit mengering, hingga turunnya tekanan darah secara tiba tiba.

Air terjun Cipanas tidak terlalu tinggi, tapi di sini ada beberapa kolam penampung air yang jatuh dari atas. Di kolam inilah orang-orang mandi dan berendam diri.

“Air panas ini keluar dari tanah seperti mata air. Area ini tersekat menjadi tiga kolam besar, jadi bisa pilih di mana saja untuk nyebur-nyebur. Karena kontur tanahnya berbukit-bukit, jadi terbentuk air terjun. #ayodolan kesini, air panas ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu, yang mengalir. Selain itu, air panas ini juga mengandung belerang,” seperti dikutip dari Instagram @Ayodolan.

Baca juga: Begini Cara Bertahan Hidup di Hutan saat Tersesat

Awalnya tempat ini hanya aliran sungai kecil biasa, namun masyarakat setempat secara sukarela membuat kolam yang berfungsi sebagai kolam pemandian.

Terdapat tiga kolam pemandian di masing masing undakan dengan kedalaman rata rata 50 sampai 70 cm yang dipisahkan oleh dinding batu dan jembatan bambu.

Harga tiket masuk pengunjung sangat bersahabat yaitu sebesar Rp 20.000. Selain itu juga pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan pengunjung seperti mushola, tempat parkir, kamar mandi bilas.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini