Langka! Fenomena Es Biru Muncul di Michigan Tuai Decak Kagum

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 406 2363482 langka-fenomena-es-biru-muncul-di-michigan-tuai-decak-kagum-UXfU4WD7Gs.JPG Fenomena langka es biru di Selat Mackinac, Michigan, AS (Foto: USA Today)

JIKA lazimnya salju berwarna putih, namun fenomena berbeda justru ditemukan di Michigan, Amerika Serikat. Ya, salju yang membeku itu nampak berkilau dengan warna biru. Es biru atau blue ice itu ditemukan tepatnya di Selat Mackinac, Michigan.

Fenomena alam ini lantas menarik perhatian dan menuai decak kagum penduduk setempat, turis, hingga fotografer.

Mengutip laman USA Today, mereka berharap dapat mengabadikan momen yang tepat saat matahari menyentuh air yang membeku dengan tepat dan memungkinkan es biru cerah bersinar dengan jelas.

Steve Baker (69) seorang pensiunan dokter hewan dari Indian River, Michigan, mengatakan bahwa ia sedang kembali dari memotret burung hantu bersalju bersama temannya ketika mereka memutuskan untuk mampir di Selat Mackinac.

"Perhatian kami tertuju pada lempengan es di sepanjang pantai dan kami segera menjelajahi garis pantai Kota Mackinac," kata Baker.

Baca juga: Keren! Observatorium Laut Terbesar di Dunia Berbentuk Paus Segera Dibangun

Blue Ice di Michigan

(Foto: USA Today)

Baker mengaku, saat dirinya mengambil foto, angin dingin di tempat itu di bawah nol derajat yang membekukan. Jadi mereka harus mundur ke mobil beberapa kali untuk mencairkan jari dan baterai kamera mereka.

Ia menjelaskan, es itu tingginya sekitar 10 hingga 15 kaki dan pemandangannya spektakuler. "Kondisinya pas dan banyak lempengan es bersinar biru cemerlang dengan jembatan di latar belakang," katanya.

"Saya telah melihat es biru berkali-kali selama bertahun-tahun dengan Maret 2018 yang paling spektakuler, dan es biru saat ini agak kecil jika dibandingkan, tetapi masih spektakuler untuk dilihat," tambah dia.

Baca juga: Dikarantina saat Liburan, Pramugari Ini Posting Diculik

Sedangkan Staci Goodale (45), pemilik toko es krim dari Kingsley, sebuah desa di barat laut Michigan, membawa putrinya yang berusia 18 tahun, Mikayla Tyson, untuk melihat es biru yang selalu ingin dilihatnya secara langsung.

"Bahkan dari pantai, Anda bisa melihat birunya, dan begitu Anda berada di luar sana, itu bahkan lebih baik," kata Goodale.

Banyak orang menjadikan fenomena blue ice sebagai objek spot kencan seperti yang dilakukan oleh Julie Suggitt, seorang pemilik bisnis dan desainer. Ia dan kekasihnya sengaja pergi Mackinac untuk melihat sendiri fenomena langka itu.

“Airnya jernih, dan Anda bisa melihat ke bawah,” kata Julie saat menyusuri danau.

Menurut ilmuwan Lapangan Laboratorium Penelitian Lingkungan Great Lakes, George Leshkevich kepada Free Press pada 2018, pemandangan alam ini terjadi ketika danau jernih tanpa gelembung.

Ketika cahaya dengan panjang gelombang pendek menembus ke dalam danau yang jernih dan beku, cahaya tersebar ke air di bawah danau dan memantulkannya kembali melalui es.

Selain nampak spektakuler dalam foto, es biru ini juga sangat memesona bila dilihat secara langsung. Namun Baker mengimbau mereka yang ingin melakukan perjalanan untuk melihat es biru agar senantiasa berhati-hati.

"Ini sedikit berisiko, jadi itulah mengapa mereka mencegah orang keluar dari sana. Ini area yang relatif kecil, tapi jika jatuhnya sinar matahari tepat, warnanya akan biru cemerlang," sebut Baker.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini