Fosil Tunggal Hewan Tertua di Dunia Ditemukan

Fatha Annisa, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 406 2363519 fosil-tunggal-hewan-tertua-di-dunia-ditemukan-B5tUJPNTiY.jpg Fosil hewan purba yang ditemukan di India bagian tengah (Foto BCCL/Times of India)

DICKINSONIA, salah satu fosil paling langka di dunia telah ditemukan di Madhya Pradesh, India bagian tengah. Fosil tersebut ditemukan di tempat penampungan batuan Bhimbetka, yang berjarak sekitar 40 kilometer dari kota Bhopal.

Dilansir dari Times of India, Rabu (17/2/2021), dickinsonia adalah genus hewan basal yang telah punah. Menurut catatan, dickinsonia hidup pada akhir periode Ediacaran. Fosil ini hanya diketahui dalam bentuk gips dan jejak pada lapisan batu pasir.

Baca juga:  Kapal Spanyol Sebastian El Cano Segera Berlabuh di Maluku Utara

Merujuk pada penemuan ini, para peneliti berpendapat bahwa dickinsonia telah menelusuri atap Gua Auditorium di Bhimbetka, yang berasal dari 570 juta tahun lalu. Fosil tersebut memiliki panjang sekitar 17 kaki, di mana panjang yang telah ditemukan sebelumnya di bagian dunia lain melebihi 4 kaki.

Fosil itu tersembunyi di depan mata dan ditemukan secara kebetulan oleh ahli dari Survei Geologi India (GSI) ketika mereka menjelajahi Bhimbetka menjelang Kongres Geologi Internasional ke-36.

 

Laporan mengatakan bahwa para ahli awalnya melihat kesan seperti daun setinggi 11 kaki di atas tanah, yang hampir menyatu dengan batu dan dapat dengan mudah disalahartikan sebagai seni cadas prasejarah.

Baca juga:  Wisata Kuliner di Banda Aceh, Yuk Cicipi Sate Matang hingga Kue Timpan

Pada ahli berhasil menemukan jejak fosil yang biasanya terawetkan sebagai jejak negatif pada dasar lapisan batu pasir. Konon, specimen pertama dari fosil tersebut ditemukan di Australia Selatan.

Meskipun tempat perlindungan batu Bhimbetka telah ditemukan sekitar 64 tahun yang lalu, fosil Dickinsonia berhasil tetap tidak terdeteksi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini