Bolehkah Pilot Makan Sambil Nyetir? Begini Jawaban Kapten Edward Limbong

Salsabila Jihan, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 406 2363778 bolehkah-pilot-makan-sambil-nyetir-begini-jawaban-kapten-edward-limbong-uf34qQByFs.jpg Kapten Edward Limbong. (Foto: Instagram)

PILOT Edward Limbong, kerap melakukan siaran langsung di dalam kokpit bersama rekan Co-pilot dan salah satu pramugari yang ikut dalam penerbangannya. Ia berkomunikasi langsung dengan para netizen lewat sebuah sesi QnA.

Banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan netizen dalam sesi siaran langsung itu. Kapten Edward, sapaan akrabnya pun menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh para penonton siarannya itu.

Ada salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh penontonnya, "Nama setir pesawat untuk di darat apa capt?" Dengan cepat Kapten Limbong menjawab, "Nose wheel steering."

pramugari

Baca Juga: Bukan Gaji, Ini Keuntungan Luar Biasa Didapat Pramugari Selama Bekerja

Co-pilotnya, Fesa Alifta, juga sempat membacakan pertanyaan dari penonton mereka, "Capt, kalau lagi nyetir (pilot) bisa sekalian makan nggak?"

Dengan lantang, Kapten Limbong menjawab bahwa saat sedang dalam penerbangan, pilot boleh makan. Ia juga menjelaskan alasannya.

"Gini lho, makanya di atas itu pilotnya harus dua. Satu kalau lagi makan, satu yang monitor. Ke lavatory (toilet) juga," terang Kapten Edward.

Ada juga pertanyaan yang ditujukan untuk pramugari yang ada di dalam video Kapten Limbong, Febryana, yaitu tentang sekolah pramugari yang diikuti oleh pramugari tersebut.

Namun sayangnya, pertanyaan tersebut tidak terjawab. Sebab pramugari itu tidak ikut dalam sekolah pramugari dan Kapten Limbong juga menimpali, "Kalau bisa, langsung aja," katanya.

"Sebenarnya sekolah pramugari itu memperkenalkan dunia penerbangan itu seperti apa, untuk membantu menyalurkan (pramugari-pramugari) ke maskapai-maskapai. Sebenarnya kalian cari sendiri bisa kok," jelas pramugari tersebut.

Di tengah-tengah siarannya, Kapten Edward Limbong juga mengingatkan agar tidak perlu takut untuk naik pesawat saat musim hujan.

"Karena kalau cuacanya jelek di tempat kita berangkat, belum tentu di tempat kita tuju itu jelek juga. Jika ada goyang-goyang di perjalanan, nikmati saja. Pasti semuanya aman," ujar Kapten Limbong dalam unggahannya yang berjudul "PRAMUGARI JOMBLO N SEMANGAT KERJA". Karena para pilot telah dilatih untuk menghadapi cuaca yang kurang bersahabat.

Video siaran yang diunggah oleh Kapten Limbong pada September 2020 lalu itu telah ditonton lebih dari 19 ribu kali dan disukai 775 kali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini