Selain Kancing Erotis, Benda Kuno Ini Juga Pernah Ditemukan di Sungai Inggris

Dinny Ayu Anggarda Paramitha, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 406 2363835 selain-kancing-erotis-benda-kuno-ini-juga-pernah-ditemukan-di-sungai-inggris-bMdpdRg3eo.JPG Sungai Thames di London, Inggris (Foto: Instagram/@sammmreid)

SUNGAI Thames di London, Inggris memang menjadi objek 'menggiurkan' untuk disusuri. Betapa tidak, sungai legendaris tersebut begitu banyak menyimpan benda kuno sarat nilai sejarah masa lampau di dalamnya. Mulai koin Romawi, cincin kuningan pedagang berusia 570 hingga kancing bergambar erotis ditemukan di sana.

Banyak juga artefak menarik lainnya yang ditemukan oleh penambang lumpur di tepi sungai London yang terkenal itu. Kancing bergaya Georgia yang menggambarkan dua orang sedang berhubungan badan adalah salah satu temuan fenomenal dari sekian banyak harta karun kuno di Sungai Thames.

Baca juga: Kancing Kuno Bergambar Erotis Ditemukan di Sungai Inggris

Melansir laman Daily Mail, di antara harta yang terungkap dalam buku karya penulis Jason Sandy dan Nick Stevens, adalah koin Romawi yang menampilkan wajah Kaisar Hadrian, yang berasal dari abad II Masehi, cincin kuningan milik pedagang antara tahun 1450-1550, dan gigi dari hiu berusia setidaknya 3,5 juta tahun.

Benda Kuno di Sungai Thames

(Foto: Daily Mail)

Para penambang lumpur kini membutuhkan izin dari Otoritas Pelabuhan London selaku pengelola Sungai Thames. Meski aktivitas pertambangan dilarang pada puncak lockdown nasional antara Maret-Juni 2020 lalu imbas pandemi Covid-19, 'pemburu' harta karun tetap tak menyerah.

Temuan lain yang sensasional di sungai itu ialah pipa tanah liat asal Amerika Serikat yang diduga berasal dari tahun 1600-an.

Buku Mr Sandy dan Mr Stevens merinci bagaimana permukaan air Sungai Thames di London berfluktuasi sebesar 23-33 kaki (7-10 meter) dua kali sehari.

Salah satu artefak yang lebih menyayat hati yang ditemukan ialah bola dan rantai, yang diperkirakan berasal dari abad ke-17 atau ke-18.

Sang penemu yakni Steve Brooker dan Rick Jones mengira mereka telah menemukan bola meriam besar sampai rantai terlepas dari lumpur yang masih menempel pada bola besi.

Sejarawan percaya benda itu digunakan untuk membelenggu tahanan sewaktu menyeberangi sungai. Tahanan yang terikat benda itu mungkin telah melarikan diri, atau telah binasa saat masih memakainya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini