Keraton Yogyakarta Buka Lowongan, Berapa Ya Gajinya?

Salsabila Jihan, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 02:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 406 2364434 keraton-yogyakarta-buka-lowongan-berapa-ya-gajinya-ASbCp1RQtj.jpg Abdi Dalem. (Foto: Instagram alexandre_dendy)

KERATON Yogyakarta sedang membuka lowongan bagi Anda yang ingin mengabdikan diri sebagai abdi dalem. Bicara abdi dalem, sebenarnya mendapatkan gaji tinggi enggak sih?

Dilansir dari laman Instagram resmi @kratonjogja, Keraton Yogyakarta membuka lowongan abdi dalem di bagian Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo atau departemen yang mengurusi seni dan budaya.

Ada empat posisi yang mereka butuhkan, seperti Wiyogo (penabuh gamelan dalam seni karawitan), Pasindhen (penembang syair untuk wanita), Lebdosworo (penembang syair untuk pria), dan Musikan (pemain alat musik Barat).

Baca Juga: Keraton Yogyakarta Buka Lowongan Abdi Dalem, Apa Saja Syaratnya?

Abdi dalem bertugas sebagai pelaksana operasional di setiap organisasi yang dibentuk oleh sultan. Tanpa adanya abdi dalem, roda pemerintahan tidak akan berjalan.

 abdi

Selain menjalankan tugas operasional pada setiap organisasi di keraton, abdi dalem juga merupakan ‘Abdi Budaya’, yaitu orang yang bisa dan mampu memberi suri tauladan bagi masyarakat luas.

Abdi dalem harus bisa menjadi contoh kehidupan di masyarakat, bertindak berdasarkan unggah-ungguh atau sopan santun dan paham akan tata krama. Oleh karena itu, senyum yang selalu merekah, ramah dan sopan santun yang tinggi merupakan hal yang selalu ditunjukan oleh para abdi dalem Keraton Yogyakarta.

Dijelaskan pula bahwa menjadi seorang abdi di keraton, bukan berarti akan mendapatkan honor yang tinggi. Kebanyakan, alasan utama menjadi Abdi dalem adalah untuk mendapatkan ketentraman dan kebahagiaan batin.

Adapun yang dilandasi oleh rasa terima kasih karena sudah diizinkan tinggal di tanah milik Sultan. Selain itu, faktor lain yang ingin diperoleh menjadi seorang abdi dalem adalah untuk mendapatkan berkah dalem.

Meski begitu, menurut para abdi dalem, ada saja rejeki yang datang dan dapat mencukupi kebutuhan keluarganya, setelah menjadi abdi dalem. Percaya atau tidak?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini