Oleh-Oleh Paling Diburu Wisatawan Mancanegara, Ada Kopi dari Indonesia!

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 549 2364664 oleh-oleh-paling-diburu-wisatawan-mancanegara-ada-kopi-dari-indonesia-HMPuqGiOUj.JPG Kertas origami, oleh-oleh favorit khas Jepang (Foto: Reuters)

BAGIAN seru dari berlibur bukan hanya menyusuri tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, mengunjungi bangunan bersejarah, menikmati suasana alam, atau berwisata kuliner saja. Bagi pelancong, berburu oleh-oleh juga merupakan hal wajib yang tidak boleh dilupakan saat bepergian.

Buah tangan biasanya diberikan untuk keluarga atau teman yang sudah menunggu di rumah. Selain itu, oleh-oleh juga berperan dalam membantu seseorang menghidupkan kembali kenangan yang dimilikinya saat berlibur ke suatu tempat. Karena setiap tempat punya suvenir khas tersendiri.

Data baru yang diperoleh Club Med, disebutkan bahwa wisatawan mancanegara punya oleh-oleh favorit untuk diburu saat traveling ke berbagai negara. Studi ini dirancang untuk membantu orang terhubung kembali dengan kenangan liburan mereka dari rumah, dan menjelajahi negeri yang jauh melalui pengingat materi tentang apa yang dapat dinantikan saat pembatasan terkait pandemi dicabut.

Berikut beragam oleh-oleh paling diburu pelancong saat liburan berdasarkan destinasi benua, sebagaimana dilansir dari laman Euro News.

Baca juga: Keraton Yogyakarta Buka Lowongan, Berapa Ya Gajinya?

Amerika

Orang-orang yang mengunjungi Amerika Serikat, kemungkinan akan memilih permen-permen buatan lokal sebagai oleh-oleh. Mereka ingin membawa rasa uniknya ke rumah dan memperkenalkannya kepada orang-orang terdekat.

Permen Amerika

(Foto: Jewitup)

Adapun suvenir utama Kanada tentu saja sirup maple. Di sana, maple memang sangat populer. Daunnya saja terpampang di bendera mereka. Amerika tengah dan sepanjang khatulistiwa memiliki cuaca dan panas yang sempurna untuk menghasilkan salah satu oleh-oleh paling dicintai masyarakat dunia, yaitu kopi.

Sementara Jamaika menghasilkan kopi yang terkenal dan sering dianggap oleh beberapa orang sebagai yang terbaik di dunia, yaitu Kopi Blue Mountain. Kopi Blue Mountain Jamaika adalah salah satu kopi termahal dan paling banyak dicari di dunia. Kopi manis alami ini ditanam di Blue Mountains Jamaika pada ketinggian 3.000 kaki atau lebih tinggi lagi.

Baca juga: Resep Soto Betawi, Kuliner Ibu Kota Lezatnya Nagih

Eropa

Jika kalian berpikir suvenir Inggris identik dengan miniatur Jam Big Ben atau replika bilik telepon umumnya yang berwarna merah, Anda salah. Oleh-oleh paling diminati di Inggris adalah payung. Hal ini karena cuaca Inggris yang kerap kali tidak dapat diprediksi.

Lain halnya dengan Belgia, Prancis, dan Irlandia. Tiga negara tersebut memiliki cokelat sebagai buah tangan paling sering dibeli oleh wisatawan. Sementara oleh-oleh dari Latvia, Lituania, dan Polandia biasanya berupa barang yang berkilau seperti perhiasan amber. Untuk Jerman, oleh-oleh paling populernya adalah bir. Siprus pun serupa. Mereka memiliki minuman anggur Siprus sebagai buah oleh-oleh utama.

Asia

Buah tangan dari negara-negara Asia adalah cerminan dari budaya masing-masing negaranya yang dikenal beragam. Kertas origami adalah salah satu benda yang laris dibeli wisatawan manakala berkunjung ke Jepang. Origami crane tradisional, lebih tepatnya.

Nah, bagi pelancong yang berkunjung ke China, mereka lebih suka membawa pulang satu set kaligrafi sebagai buah tangan. Sedangkan kenang-kenangan dari Korea Selatan adalah tehnya yang memang sudah terkenal.

Kopi

(Foto: Coffee)

Di Sri Lanka dan Bhutan, wisatawan akan berburu topeng berukir untuk pajangan di rumah dan bukti bahwa mereka pernah menginjakkan kaki di dua negara tersebut. Berbeda dengan suvenir Yaman yang berupa belati berikat.

Sedangkan oleh-oleh dari Indonesia yang paling sering dibawa pulang wisatawan, menurut Club Med, ialah kopi. Ya, kualitas kopi Tanah Air memang tak terbantahkan.

Rasanya yang khas membuat siapapun tertarik untuk memborong kopi Indonesia. Sebut saja Kopi Gayo asli Aceh, Malabar dari Jawa Barat, Kopi Toraja dari Sulawesi Selatan, hingga kopi arabika nikmat khas Kintamani dan Papua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini